Uji Coba Ganjil-Genap di Pancoran, Macet Berkurang 25 Persen

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Rabu, 18 Jul 2018 09:59 WIB
Foto: Uji coba ganjil genap di Jalan MT Haryono, perempatan Pancoran. (Parastiti-detikcom)
Jakarta - Perluasan sistem ganjil-genap di beberapa titik di Jakarta mulai diuji coba hari ini. Persimpangan Pancoran, Jakarta Selatan, terpantau lancar.

Pantauan detikcom di Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, tepatnya di persimpangan Pancoran, Rabu (18/7/2018), sekitar pukul 09.28 WIB, tidak terlihat adanya penumpukan volume kendaraan seperti hari-hari biasa.
Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang tengah bertugas di lapangan, Apri Tri Cahyono menyebut hari pertama uji coba cukup berpengaruh secara signifikan. Ia menuturkan kemacetan di persimpangan Pancoran berkurang hingga 25 persen.

"Kalau persentasenya masih kurang ini (besar penurunannya) juga sih, 25 persen lah," kata Apri di lokasi.

Uji Coba Ganjil-Genap di Pancoran, Macet Berkurang 25 PersenFoto: Uji coba ganjil genap di Jalan MT Haryono, perempatan Pancoran. (Parastiti-detikcom)

Apri melanjutkan, tak hanya di persimpangan Pancoran, kepadatan di Pasar Minggu menuju Gatot Subroto (Gatsu) pun sudah menurun. "Ke arah dari Pasar Minggu ke arah Gatsu itu biasanya jam-jam crowded-nya itu di antara pukul 9.00 WIB, pukul 10.00 WIB pagi, sekarang sudah berkurang juga," ujarnya.


Persentase efektifitas perluasan sistem ganjil-genap yang masih belum tinggi, dikatakan oleh Apri, juga disebabkan oleh masih banyaknya pengendara yang nekat melintas tanpa melihat ganjil-genap.

"Masalahnya banyak juga pengendara yang masih nekat. Kalau informasinya sih mungkin mereka sudah tahu ya, karena kita sosialisasinya juga sudah lama. Tapi harus ada kesadaran dari masyarakat sendiri," tuturnya. (yas/idh)