DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 09:49 WIB

Ini Hasil Menggembirakan Blusukan 'Jason Bourne' ke Desa di Jateng

Niken Purnamasari - detikNews
Ini Hasil Menggembirakan Blusukan Jason Bourne ke Desa di Jateng Foto: dok.
Jakarta - Aktor Hollywoood pemeran film action 'Jason Bourne', Matt Damon, blusukan ke beberapa desa di Jawa Tengah. Bukan untuk misi sebagai mata-mata, melainkan terkait ketersediaan air bersih untuk kawasan pedesaan. Seperti apa hasil blusukannya?

Dari rilis yang diterima detikcom, Rabu (18/7/2018), perwakilan Water.org Indonesia bergerak cepat dengan menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendorong peningkatan akses air bersih di kawasan pedesaan.



Kerja sama ditandatangani Ketua Central Project Management Unit (CPMU) Program PAMSIMAS Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PS-PAM) Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Tanozisochi Lase, dengan Chief Programs Officer water.org, Richard Eugene Thorsten II.



"Kerja sama ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan penyediaan akses air minum dan sanitasi melalui fasilitas kredit mikro lembaga keuangan dan meningkatkan minat dan kemampuan KP-SPAMS dalam mengakses kredit mikro dari lembaga keuangan untuk peningkatan kualitas dan perluasan cakupan penyediaan air minum dan sanitasi di perdesaan," demikian dari keterangan tertulis yang diterima detikcom.



Saat ini Water.org telah menjalin kemitraan dengan 12 lembaga keuangan yang memiliki produk kredit untuk disalurkan ke KP-SPAMS. Sejumlah KP-SPAMS di Jawa Tengah menerima kucuran kredit tanpa dimintai jaminan berupa fixed asset sebesar Rp 30-50 juta per KP-SPAMS.

Kredit tersebut digunakan untuk membuat sumur bor (baru), pembangunan reservoir, penggantian pompa rusak, penambahan jaringan pipa distribusi untuk memperluas layanan, pengadaan sambungan rumah, dan lain-lain guna mengembangkan layanan sehingga semakin banyak warga Indonesia yang mendapatkan layanan air minum.
(nkn/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed