DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 09:16 WIB

Dipolisikan, Ronny Akan Laporkan Balik Sopir Adik Herman Hery

Tsarina Maharani - detikNews
Dipolisikan, Ronny Akan Laporkan Balik Sopir Adik Herman Hery Foto: Ronny Yuniarto di Mapolres Jaksel, melaporkan dianiaya oleh Herman Hery (Carlo Homba/detikcom)
Jakarta - Ronny Yuniarto, korban dugaan penganiayaan anggota DPR Herman Hery, akan melaporkan balik Pardan yang merupakan sopir dari adik Herman Hery ke Polda Metro Jaya. Pardan akan dilaporkan atas tuduhan memberikan keterangan palsu.

Namun, sebelum laporan itu dibuat, Ronny akan terlebih dulu menjalani pemeriksaan atas laporan Pardan atas dugaan penganiayaan. Laporan Pardan teregister dengan nomor LP/1061/K/VI/2018/PMJ/Restro Jaksel tanggal 11 Juni 2018.


"Nanti diperiksa jam 10.00 WIB, setelah itu kami langsung akan melaporkan Pardan menyangkut masalah pengaduan palsunya," kata kuasa hukum Ronny, Yanuar Bagus Sasmito saat dimintai konfirmasi, Rabu (18/7/2018).

Bagus mengatakan laporan Pardan terhadap kliennya itu palsu. Sebab, Pardan sama sekali tak ada sangkut pautnya dengan peristiwa penganiayaan yang dilakukan Herman Hery.

Bagus menduga Pardan hanya dijadikan tumbal oleh Herman Hery dalam kejadian itu. Ronny, sebut dia, tak melakukan hal yang dituduhkan Pardan.

"Karena peristiwa kejadian itu bukan sama Pardan. Pardan itu hanyalah boneka yang dipakai Herman Hery, jadi memang sengaja dijadikan semacam tumbal gitu. Untuk pengalihan bahwa pelakunya bukan Herman Hery. Padahal sudah jelas nyata-nyata pelakunya Herman Hery kok, 1000 persen," sebut Bagus.


Pardan akan dilaporkan dengan tuduhan fitnah dan memberikan pengaduan atau keterangan palsu. Tuduhan itu berdasarkan Pasal 317 KUHP.

"Dasarnya 317 (KUHP) itu menyangkut pengaduan palsu. Jadi yang memberikan pengaduan palsu atau keterangan palsu di hadapan penguasa. Penguasanya siapa, yaitu pihak aparat penegak hukum khususnya kepolisian. Seakan-akan dia berhubungan dengan Ronny. Kenyataannya tidak begitu. Tidak kenal dan tidak ada hubungannya," jelas Bagus.

Sebelumnya, Pardan melaporkan balik Ronny Yuniarto terkait kasus dugaan penganiayaan ke Polres Jakarta Selatan.

Laporan Pardan teregister dengan nomor LP/1061/K/VI/2018/PMJ/Restro Jaksel tanggal 11 Juni 2018. Pasal yang dilaporkan adalah pasal 351 KUHP.

Kasus dugaan penganiayaan tersebut telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya. Begitu pula kasus penganiayaan yang dilaporkan oleh Ronny.

Ronny sebelumnya melapor ke Polres Jakarta Selatan atas dugaan penganiayaan dan pengeroyokan oleh sopir Rolls Royce di Jalan Arteri Pondok Indah, Jaksel. Setelah melakukan penelusuran, Ronny menyimpulkan bahwa terduga pelaku adalah Herman Hery.


Namun belakangan, Yudi muncul dan membantah tudingan Ronny itu. Menurut Yudi, sosok yang dikira Herman Hery oleh Ronny adalah dirinya.

Tetapi, Yudi membantah melakukan pemukulan. Versi pihak Yudi, yang terlibat perkelahian dengan Ronny adalah Pardan. Sementara Pardan juga mengaku dipukul lebih dahulu oleh Ronny.
(tsa/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed