DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 20:11 WIB

Polri: Presiden Perintahkan Polda-Pangdam Antisipasi Kebakaran Hutan

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Polri: Presiden Perintahkan Polda-Pangdam Antisipasi Kebakaran Hutan Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Sejumlah titik panas yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan terpantau di wilayah Kalimantan dan Sumatera. Polri menyebut sudah mendapat perintah dari Presiden untuk mengantisipasi hal itu.

"Pak Presiden sudah perintahkan kapolda-pangdam supaya mengantisipasi, karena ini menyangkut Asian Games juga. Kalau sampai cuaca tidak bagus, kan atlet bisa sakit dan penerbangan terganggu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2018).


Setyo menyebut Satgas Karhutla terus memantau kondisi di lapangan. Jika ada titik api yang ditemukan, tim akan segera menuju lokasi.

"Satgas Karhutla itu ada namanya alat pantau, mereka bisa memantau titik-titik mana, ada titik itu seharusnya cepat segera. Begitu terpantau di layar, segera yang terdekat aksi, jangan tunggu sampai besar. Nanti kalau ada sabotase atau kesengajaan, ya kita tindak," ujarnya.

Hingga Minggu (15/7) malam, pantauan Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan dengan satelit NOAA terpantau ada 14 titik hotspot. Tiga di antaranya berada di Kalimantan Barat dan Aceh, dua titik di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, serta satu titik di Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Bangka Belitung.

Sementara itu, pantauan satelit TERRA AQUA mendeteksi adanya 23 hotspot. Di antaranya tiga titik di Sumatera Selatan, Aceh, dan Sumatera Utara, tujuh titik di Riau, dua titik di Kalimantan Timur, serta satu titik di Sumatera Barat, Jambi, NTB, Lampung, dan NTT.
(abw/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed