DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 18:20 WIB

PDIP: Dari 7 Menteri, Cuma Yasonna-Puan yang Direstui Jokowi Nyaleg

Audrey Santoso - detikNews
PDIP: Dari 7 Menteri, Cuma Yasonna-Puan yang Direstui Jokowi Nyaleg Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Jakarta - Sekjen Partai PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan ada tujuh menteri yang akan diusung menjadi bakal caleg dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Namun hanya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani serta Menteri Hukum dan HAM (Menkum) Yasonna Laoly yang mendapat restu nyaleg dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dengan melihat kepentingan bangsa dan negara, meskipun ada sekitar 7 menteri yang dicalonkan, pada akhirnya kami hanya memutuskan Mbak Puan Maharani dan Bapak Yasonna Laoly (maju pileg)," kata Hasto kepada wartawan di KPU Pusat, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).


Selain Puan dan Yasonna yang diusung untuk nyaleg, Hasto menyebut nama Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Hasto tidak merinci ketiga nama menteri lainnya, apakah dari kader PDIP atau menteri dari kalangan profesional. Meski begitu, hari ini PDIP telah mendaftarkan jubir Presiden, Johan Budi, sebagai caleg.

"Sebenarnya ingin mencalonkan Bapak Pramono Anung, kemudian Bapak Tjahjo Kumolo, dan ada beberapa menteri yang betul-betul ingin menjadi bagian dari proses kepemimpinan di PDIP," jelas Hasto.


"Tetapi di satu sisi, kita melihat kepentingan bangsa dan negara harus dikedepankan, di mana efektivitas pemerintahan selama proses pemilu ini tidak boleh terganggu," lanjutnya.

Dengan pertimbangan itu, PDIP mengurungkan niat mengajukan para menteri itu sebagai caleg. Hasto menuturkan PDIP tak ingin mengganggu kinerja Jokowi dengan menarik banyak menterinya untuk ikut kontestasi legislatif.

"Kami berkomitmen agar efektifitas pemerintahan Bapak Presiden Jokowi tetap berjalan dengan baik," tandas Hasto.


Hasto menambahkan Puan Maharani bakal maju dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah. Sedangkan Yasonna di dapil Sumatera Utara.
(aud/ams)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed