DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 18:06 WIB

Jokowi Utus Menteri Senior Undang Kim Jong-Un ke Asian Games

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Utus Menteri Senior Undang Kim Jong-Un ke Asian Games Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (Foto: BBC World)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengirim utusan khusus untuk mengundang Presiden Korea Selatan Moon Jae In dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un terkait perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia. Keduanya akan diundang pada pembukaan Asian Games pada 18 Agustus mendatang.

"Surat untuk mengundang Presiden Korsel dan Leader Korut sudah ditandatangani Presiden, dan nanti akan ditunjuk salah seorang menteri senior untuk menyampaikan undangan secara langsung baik ke utara maupun ke selatan," kata Seskab Pramono Anung saat ditemui di kantornya, Gedung Sekretariat Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).



Pramono menjelaskan, ini dilakukan karena kedua negara tersebut telah bersepakat untuk menjadi satu kontingen dalam Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang nanti. Diharapkan, kedua pemimpin negara tersebut bisa bersatu.

"Kenapa hal ini dilakukan? Karena proses reunifikasi, dan sekarang ini Utara dan Selatan berkesapakatan menjadi satu kontingen sangat baik di forum," katanya.

Selain itu, hal ini juga menujukan bahwa perhelatan Asia Games, terutama yang dilakukan di Indonesia menjadi ajang perdamaian dunia.



"Ini menjadi etalase dunia bahwa Asian Games, kalau memang bisa dilakukan, mempersatukan perdamaian dunia," katanya.

"Surat undangannya sudah ditandatangani Presiden," tambah Pramono.

Sementara itu, terkait antisipasi keamanan jelang perhelatan Asian Games yang akan dibuka dalam waktu lebih kurang satu bulan lagi, Pramono mengatakan sejauh ini berlangsung dengan baik. Baik dari TNI dan Polri siap untuk mengamankan jalannya pesta olahraga terbesar se-Asia itu.

"Kami yakin dari hasil laporan dan ratas terakhir mengenai Asian Games, baik Panglima, Kapolri, Kepala BIN, pelaksanaan Asian Games sudah sangat siap. Sekarang tinggal penyelesaian infrastruktur di beberapa tempat, terutama di dalam stadion dan pedestrian," katanya.

"Mudah-mudahan tanggal 22 Juli (2018) bisa diselesaikan," imbuhnya.
(jor/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed