DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 17:39 WIB

Jokowi Kantongi Pengganti Yudi Latif sebagai Kepala BPIP

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Kantongi Pengganti Yudi Latif sebagai Kepala BPIP Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Yudi Latif mengundurkan diri dari posisi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada awal Juni lalu. Presiden Jokowi sudah mengantongi nama baru untuk menggantikan Yudi di BPIP.

"Dalam diskusi internal BPIP maupun dengan Pak Presiden sudah ada nama," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di kantornya, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).


Pramono menambahkan saat ini internal BPIP juga tengah melakukan restrukturisasi untuk mengisi jabatan yang lowong. Diketahui ada jabatan eselon III, II, dan I yang masih kosong.

"Di BPIP sedang melakukan restrukturisasi, diselesaikan dulu untuk isi jabatan lowong di eselon III, II, I. Setelah itu akan didefinitifkan, soal nama-namanya, pada saatnya akan diumumkan. Itu internal BPIP dan Presiden," kata Pramono.

Terkait dengan sosok pengganti Yudi Latif, Pramono menegaskan berasal dari kalangan profesional, bukan partisipan partai politik.


"Yang jelas nama itu bukan nama yang dalam tanda kutip partisan," ujar Pramono.

Sebelumnya, Yudi mengundurkan diri sebagai Kepala BPIP. Yudi tak mengungkap langsung alasannya mundur. Dia hanya mengatakan soal perlunya regenerasi pemimpin.

"Saya merasa, perlu ada pemimpin-pemimpin baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Harus ada daun-daun yang gugur demi memberi kesempatan bagi tunas-tunas baru untuk bangkit. Sekarang, manakala proses transisi kelembagaan menuju BPIP hampir tuntas, adalah momen yang tepat untuk penyegaran kepemimpinan," ujar Yudi.
(jor/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed