detikNews
Selasa 17 Juli 2018, 17:41 WIB

Gubernur Meringkuk di KPK, Pemprov Gantung Nasib Aceh Marathon

Agus Setyadi - detikNews
Gubernur Meringkuk di KPK, Pemprov Gantung Nasib Aceh Marathon Foto: Baliho Steffy Burase di Kantor Pemerintahan Aceh (agus/detikcom)
Aceh - Beberapa peserta Aceh Marathon 2018 mengaku menerima email pengunduran even internasional tersebut dari panitia. Peserta dari luar Aceh termasuk luar negeri bertanya-tanya soal kebenaran email tersebut. Pemerintah Aceh mengaku belum ada putusan terkait even perdana ini.

Seorang netizen memposting surat yang diduga dikirim panitia Aceh Marathon tersebut di akun Instagram @arikriukk. Dia menanyakan kebenaran email tersebut dengan memention beberapa akun lain dan memberi tanda pagar #acehmarathon2018.

Berikut isi surat lengkapnya:

Sehubungan dengan pelaksanaan Aceh Marathon 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2019 di Sabang (Pulau Weh), Aceh, dengan ini kami bermaksud menyampaikan mengenai pemberitahuan dari Pemerintah Daerah Provinsi Aceh kepada seluruh peserta Aceh Marathon 2018.

Isi pemberitahuan tersebut adalah acara Aceh Marathon 2018 ditunda pelaksanaanya sampai dengan September 2018. Adapun penetapan tanggal pelaksanaanya akan disampaikan kembali kepada peserta Aceh Marathon 2018 setelah kami mendapatkan informasi dari Pemerintah Daerah Aceh.

Seorang peserta Aceh Marathon 2018 asal Kenya, Peter Bii, mengaku sedih saat mendapat email tersebut. Soalnya, dia sudah membeli tiket pesawat dan mengaku banyak mengalami kerugian jika event tersebut ditunda.

"Saya sudah beli tiket pesawat. Tapi gak bisa buat apa-apa (kalau diundur)," kata Peter kepada wartawan saat dikonfirmasi via Facebook.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemerintah Aceh Rahmat, mengatakan, Pemprov Aceh hingga saat ini masih melakukan telaah untuk menentukan nasib Aceh Marathon. Rahmat juga mengaku sudah bertemu dengan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah terkait hal ini.

"Saya sudah jumpa dengan pak Plt gubernur barusan. Belum ada keputusan apa pun soal Aceh Marathon. Semua masih ditelaah," kata Rahmat saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (17/7/2018).

"Dan pak Plt gubernur juga tidak tau soal email pengunduran jadwal yang diterima oleh peserta," jelas Rahmat.

Saat detikcom menanyakan kebenaran email tersebut, Rahmat mengaku belum mengetahuinya. "Saya tidak tahu," ungkapnya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed