NasDem Sepakat Ada OTT Lurah di DKI yang Jadi 'Bos Pungli'

Indra Komara - detikNews
Selasa, 17 Jul 2018 15:18 WIB
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Bestari Barus (Foto: Dok. Istimewa)
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Bestari Barus (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - NasDem DKI sepakat adanya operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum lurah di DKI yang melakukan pungli. Tindakan tegas itu harus dilakukan sebelum pelayanan di Kelurahan dicap gagal.

"Saya kira itu (OTT) harus. Inspektorat jangan jadi penerima bola, tapi penjemput bola, meng-create sesuatu sehingga kembali seperti dulu. Ini satu sebelum itu menjadi satu kegagalan yang buruk, gagal dalam memberi pelayanan. Dilayani tapi dengan macam-macam hal," kata Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Bestari Barus saat dihubungi detikcom, Selasa (17/7/2018).


Bestari juga mengatakan sudah menerima laporan dari masyarakat sulitnya mendapat pelayanan di tingkat kelurahan. Dia menilai pelayanan masyarakat di kelurahan beda dengan zaman gubernur DKI sebelumnya.

"Ada laporan pada kami bahwa masyarakat sekarang kesulitan berhadapan atau berurusan dengan kebutuhan mereka di kelurahan. Jadi tidak seperti dulu itu, kalau ada orang datang ke kelurahan itu seakan-akan itu di belakangnya ada gubernurnya," ujarnya.


Tonton juga 'Dirut PLN: KPK Geledah Ruangan yang Berkaitan Proyek PLTU Riau-1':

[Gambas:Video 20detik]

Dia menyebut pelayanan kelurahan juga tak lagi ramah. Bahkan dari laporan yang didapat, masyarakat harus membayar keperluan yang dicari sampai berkali-kali.

"Ada datang berkebutuhan ke kelurahan 'Pak, apa ada yang bisa saya bantu?' Kalau sekarang ini nggak ada. Menurut mereka sudah seperti itu. Banyak memang kasus, gini-gini, bayar lagi dan segala macam yang dilaporkan pada kami. Ini lah yang saya katakan berkali-kali bahwa concernnya gubernur dan wakil gubernur harus sampai ke tingkat paling bawah," jelas Bestari.

Bestari meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertanggungjawab mengatasi permasalahan di Kelurahan. Dia ingin masyarakat kembali mendapat pelayanan yang baik.


"Saya kira gubernur bertanggungjawab apa yang pernah dirasakan masyarakat kembali dapat dirasakan," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi merasa gerah setelah mendapat laporan oknum lurah yang melakukan pungli. Prasetio mengerahkan anggota-anggota Fraksi PDIP DPRD DKI untuk memantau kinerja lurah.

Prasetio mengaku mendapat banyak laporan miring soal kinerja lurah-lurah di DKI. Laporan-laporan itu mulai dari pungli hingga ketidakdisiplinan.

NasDem Sepakat Ada OTT Lurah di DKI yang Jadi 'Bos Pungli'
(idn/dkp)