DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 13:56 WIB

Bersepeda, Cara Kakorlantas Ajak Warga Kurangi Kendaraan Pribadi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Bersepeda, Cara Kakorlantas Ajak Warga Kurangi Kendaraan Pribadi Foto: Kanavino-detikcom
Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa akhir-akhir ini terlihat sering menggunakan sepeda ketimbang mobil dinasnya. Usut punya usut, sepeda itu dia gunakan untuk menghindari ganjil-genap sekaligus mendukung pembatasan kendaraan pribadi di Jakarta.

Seperti saat ditemui di Gedung Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Selasa (17/7/2018). Royke yang baru saja menghadiri rapat dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta di Polda Metro Jaya tampak mengenakan sepeda.

"Pemerintah memberlakukan sistem ganjil-genap bergantian ya sudahlah saya jangan ganjil atau genap dua-duanya saya tinggalin ganjil genapnya. Gimana? Naik ini aja deh (sepeda) ya. Bersepeda selama jam kerja. Saya bersepeda," kata Royke.

Kakorlantas Polri pakai sepeda untuk mendukung pengurangan kendaraan pribadiKakorlantas Polri pakai sepeda untuk mendukung pengurangan kendaraan pribadi Foto: Kanavino-detikcom


Royke sadar tentang risiko polusi saat bersepeda di Jakarta. Namun dia merasa harus memelopori ide tersebut untuk mendukung kebijakan pemerintah.

"Ya itu risiko namanya kita memelopori ya seperti ini," ujarnya.

Selesai rapat di situ, Royke punya agenda serupa di Kemang, Jakarta Selatan. Sepeda kembali menjadi pilihan alat transportasinya.

"Mau jalan ini ke anggota bagian kecelakaan seluruh Indonesia yang lagi rapat di hotel Grand Kemang kita akan memberikan arahan ya jam 1. Saya yakin jam 1 sampe Kemang," imbuhnya.

Royke tampak menggunakan perlengkapan lengkap bersepeda. Dia juga bersepeda dengan diikuti oleh anggotanya.

Di media sosial Instagram, Royke juga tampak memamerkan dirinya menggunakan sepeda. Dia menyebut, bersepeda ke tempat kerja lebih membuatnya nyaman untuk menghindari kemacetan.

Kegiatannya bersepeda juga menjadi bentuk ajakan kepada masyarakat dalam rangka menyambut Asian Games 2018. Dia mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Irjen Royke bersepeda dengan dikawal beberapa anggotanya yang juga pakai sepedaIrjen Royke bersepeda dengan dikawal beberapa anggotanya yang juga pakai sepeda Foto: Kanavino-detikcom




(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed