DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 12:32 WIB

BNN Gandeng BPPT Pakai Drone untuk Berantas Narkoba

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
BNN Gandeng BPPT Pakai Drone untuk Berantas Narkoba Kepala BNN Heru Winarko (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Kepala BNN Heru Winarko ingin memaksimalkan penggunaan teknologi dalam menunjang tugas pemberantasan narkoba. Salah satunya menurut Heru yaitu penggunaan drone atau pesawat nirawak dalam memantau operasi pemberantasan narkoba melalui kerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

"Khusus untuk pemberantasan, kami dengan Kepala BPPT bekerja sama penggunaan drone untuk melacak operasional kita di lapangan, khususnya untuk pemberantasan," kata Heru di auditorium BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).


Menurut Heru, sebenarnya teknologi semacam itu sudah dimiliki BNN. Namun dengan kerja sama BPPT, Heru yakin kemampuan BNN akan lebih mumpuni.

"Ya selama ini kan kita hanya pakai manual atau yang lainnya ya. Alat-alat yang ada, kita juga ada drone tapi mungkin teknologinya yang belum begitu canggih yang ada di sini (BPPT)," kata Heru.

Selain itu, kelengkapan operasional BNN seperti laboratorium juga bakal dikembangkan bersama BPPT. "Kami punya laboratorium khusus narkotika. Bisa kami kembangkan dengan BPPT terutama berkaitan dengan farmasi. Bandar (narkoba) juga punya laboratorium sendiri, kita perlu counter pakai laboratorium juga," imbuh Heru.
(yas/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed