BRI dan Kemenpar Kolaborasi Hadirkan Event Kolosal di Pasar Klewer

Raden Fadli Sumawilaga - detikNews
Senin, 16 Jul 2018 22:38 WIB
Foto: Dok. Kemenpar
Surakarta - Sebuah event kolosal bakal disajikan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Solo, Jawa Tengah, awal Agustus nanti. Acara tersebut adalah Harmoni Pasar Klewer 2018. Harmoni Pasar Klewer 2018 sendiri adalah hasil kolaborasi antara BRI, Java Festival Production, dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

"Harmoni Pasar Klewer ini event yang besar. Konsepnya dibuat sangat unik dan menarik. Pengunjung pasti akan sangat terhibur. Selain itu, ada banyak aspek edukatif yang juga bisa didapatkan pengunjung. Pokoknya jangan sampai terlewatkan," ungkap Direktur Konsumer BRI Handayani, dalam keterangan tertulis, Senin (16/7/2018).

Ada lima sub event yang akan dihadirkan. Yaitu panggung musik, expo, kontes putra-putri Solo, bazar plus permainan anak, hingga instalasi seni.

Lewat event ini, BRI ingin menyampaikan beragam pesan bagi Indonesia. Konsepnya musik, tarian, dan ragam kreativitas lain. Event ini juga mendorong awareness UMKM hingga muncul value secara komersial. Harmoni Pasar Klewer juga akan membagi tips cashless society. Yaitu, membiasakan transaksi non tunai dimanapun. Termasuk, pasar tradisional.

Salah satu daya tarik utama Harmoni Pasar Klewer adalah live music yang setiap harinya dimulai dari pukul 19.00 WIB. Beragam musisi dan penyanyi papan atas Indonesia akan tampil di event ini seperti Raisa, Via Vallen, Tulus, Glen Fredly, Ipank Lazuardi, dan juga Dwiki Darmawan. Tak hanya itu, sejumlah band/trio seperti Kahitna, Andra & The Backbone, GAC, dan Papua Original, siap meramaikan event ini.

"Kami masukan berbagai genre musik. Pokoknya lengkap. Konsernya akan dibuka Via Vallen di malam pertama. Selama dua hari full, malam Solo akan dimeriahkan artis besar," masih kata Handayani.

Harmoni Pasar Klewer juga akan menjadi bagian World Tour Dwiki Darmawan. Tahun 2016, Dwiki sukses merilis album dengan titel 'Pasar Klewer'. Album ini melengkapi koleksi milik Dwiki yang mulai rilis 1987. Lebih spesial lagi, album Pasar Klewer ini mendapatkan respon besar di pasar mancanegara.

"Kami sajikan sisi lain dari musik. Dwiki Darmawan ini albumnya populer di mancanegara, tapi belum pernah diperdengarkan di sini. Momen penting ini akan tersaji di Harmoni Pasar Klewer. Sebab, album Pasar Klewer akan dibawakan kali pertama di tanah air," jelas Hanny.

Pada 2017, album Pasar Klewer ini mampu menghipnotis sembilan negara. Ada Kazakstan, Azerbaijan, Tiongkok, Inggris, Austria, Kroasia, Jerman, Bulgaria, juga Italia. Lalu, pada 2018 ini World Tour digelar di Portugal, Azerbaijan, Ukraina, Laos, dan Selandia Baru. Hanny menjelaskan, Harmoni Pasar Klewer ini akan menjadi panggung spesial bagi Dwiki Darmawan dan penikmat musik tanah air.

Selain musik, Harmoni Pasar Klewer juga akan menggelar pameran yang akan menyajikan beragam produk unggulan di wilayah Solo. Sebut saja aksesoris, busana, hingga kerajinan tangannya. Produk ini berasal dari berbagai UMKM. Di area ini, nantinya para pengunjung bisa bertransaksi menggunakan Brizzi, MyQR, juga all card milik BRI.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar, I Gde Pitana menilai event ini akan menjadi sebuah event yang luar biasa.

"Harmoni Pasar Klewer ini memang luar biasa. Pengunjung dibiasakan dengan budaya non tunai yang memang sedang gencar dilakukan pemerintah. Hiburan yang ditawarkan juga bagus, apalagi ada expo. Solo ini penghasil asesoris, busana, dan kerajinan tangan terbaik dengan Pasar Klewer ini sebagai etalasenya," terang Pitana.

Masih di waktu yang sama, Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni menambahkan, Festival Kuliner dan Permainan Anak akan semakin melengkapi kegiatan ini. Kuliner yang ditampilkan otentik dan beragam, seperti nasi liwet dan sate kere. Ada juga timlo, tengkleng, dawet, juga ronde. Kemeriahan pun berlanjut karena stand kuliner ini dilengkapi permainan. Untuk transaksi di sini, konsep cashless society digulirkan.

"Pengunjung yang datang tidak perlu khawatir. Fasilitas yang disediakan super lengkap. Ada wisata belanja, musik, dan kalau lapar tinggal menuju stand kuliner. Kami optimistis dengan content menarik yang ditawarkan akan menarik pengunjung dalam jumlah besar," kata Sumarni.

Ditambahkan Kabid Pemasaran Area I Kemenpar, Wawan Gunawan, Harmoni Pasar Klewer akan menjadi venue Grand Final Pemilihan Putra-Putri Solo. Konsep unik bahkan sudah disiapkan untuk memberi kesan berbeda. Lalu, sub event Instalasi Seni akan membuat suasana semakin instagramable. Agenda ini melibatkan seniman dari Solo dan Yogyakarta. Experience lebih akan didapat karena Seniman Mural Popo akan demo secara live.

"Pengunjung bisa berinteraksi dengan para pekerja seni di Harmoni Pasar Klewer. Aksi Popo ini tentu layak dinanti. Sebab, kita bisa belajar banyak bagaimana cara membuat mural yang baik dan bagus. Hal ini tentu akan jadi pengetahuan baru," terang Wawan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, menjelaskan Kota Solo adalah venue terbaik untuk berlibur.

"Kota Solo akan semakin sempurna dengan event ini. Sebab, Solo ini terkenal dengan atraksi, aksesibilitas, dan amenitasnya yang luar biasa. Enjoy Solo," tutupnya.

Event kolosal ini akan berlangsung pada 3-4 Agustus 2018, mulai pukul 15.30-24.00 WIB bertempat di Balai Kota Surakarta, Solo. (idr/idr)