DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 16:37 WIB

Maruarar: Cawapres Jokowi Bukan Sosok yang Mengejutkan

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Maruarar: Cawapres Jokowi Bukan Sosok yang Mengejutkan Maruarar Sirait (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo mengungkap ada lima nama cawapres di sakunya. Politikus PDIP Maruarar Sirait mengatakan cawapres Jokowi bukanlah sosok yang mengejutkan. Siapa dia?

"Jadi tidak ada kejutan karena orang yang mengejutkan itu orang yang tidak kompeten, tidak memiliki integritas, dan jejak rekamnya tidak jelas. Jokowi pasti memilih cawapres yang tidak mengejutkan, yang memiliki kualitas, integritas, dan jejak rekamnya jelas. Pemimpin harus punya jejak rekam yang jelas, harus menginspirasi, dan jadi contoh yang baik, itu seperti yang dicontohkan Jokowi," kata politikus muda yang dikenal dekat dengan Jokowi ini, dalam perbincangan dengan wartawan, Senin (16/7/2018).

Cawapres Jokowi nantinya harus bisa turut menyelesaikan masalah-masalah bangsa. Masalah-masalah bangsa tersebut antara lain menegaskan Bhinneka Tunggal Ika di tengah dan semangat ber-Pancasila.


Saksikan juga video 'Ini Kandidat Cawapres yang Masuk Kantong-Kantong Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



"Jangan politik identitas dijadikan instrumen untuk menghantam pasangan lain, berpolitik tanpa SARA," kata Maruarar.

Berikutnya menegakkan ekonomi berkeadilan, pertumbuhan, dan pemerataan ekonomi. Juga memastikan harga sembako terjangkau untuk masyarakat.

"Penegakan hukum supaya indeks kepercayaan publik naik, hukum tidak hanya tajam ke bawah, tapi juga ke atas. Keempatnya, isu keamanan. Jadi cawapres nantinya bisa menempatkan diri jadi orang kedua itu juga perlu jadi perhatian," tambah dia.


Lantas, siapa sosok yang memenuhi kriteria itu?

"Pemimpin itu harus bisa memberikan semangat, memberikan inspirasi, memberikan contoh, dan mengayomi. Pemimpin itu harus memberikan optimisme dan harapan, jejak rekam harus jelas. Dan Jokowi mengatakan bisa dari mana saja, TNI, Polri, profesional, parpol, yang penting bukan dari mananya, tapi yang penting rekam jejaknya," jawab Maruarar diplomatis.

Maruarar: Cawapres Jokowi Bukan Sosok yang Mengejutkan

(van/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed