DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 12:43 WIB

TGB Syukuri Namanya Masuk Kandidat Cawapres Jokowi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
TGB Syukuri Namanya Masuk Kandidat Cawapres Jokowi Foto: Jokowi bersama TGB. (Dok Sreenshot V-Log Jokowi).
Jakarta - Presiden Joko Widodo menyebut nama Gubernur NTB TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) masuk dalam kandidat calon wakilnya di Pilpres 2019. TGB tak mau jemawa dan memilih untuk lebih mensyukurinya.

"Ya wallahualam, itu kan prerogatif beliau ya," kata TGB di Gedung Akademi Bela Negara Partai NasDem, Jalan Pancoran Timur, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (16/7/2018).

TGB menilai masih banyak tokoh yang lebih senior dan kompeten untuk masuk sebagai bakal pendamping Jokowi pada Pilpres 2019 itu.


"Banyak tokoh yang lebih senior yang lebih mumpuni dari saya," ujarnya.

Kendati demikian, TGB mengaku bersyukur bila benar namanya masuk dalam bursa cawapres Jokowi. Apalagi Jokowi membenarkan nama seperti Mahfud MD dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto termasuk yang jadi kandidat wakilnya.

"Semua yang baik disyukuri saja, semua yang baik disyukuri," kata TGB.

Lantas, apa TGB siap jika diminta mendampingi Jokowi?

"Jawaban itu kan kalau sudah ada sesuatu yang jelas. Tapi yang jelas banyak tokoh bangsa yang lebih hebat hebat. Bersama saya ada Pak Mahfud, banyak. Ada Pak Airlangga juga," jawab TGB.

Jokowi sebelumnya buka-bukaan soal sejumlah nama yang menjadi kandidat pendampingnya di Pilpres 2019. 4 Nama disebutnya ada di kantong-kantong. Meski sang incumbent juga menyatakan memiliki banyak kantong.

4 Nama yang sudah disebut adalah Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Gubernur NTB TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan anggota Dewan Pengarah Badan Penanaman Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD.


Jokowi memang tak menyebut langsung 3 nama selain Cak Imin. Namun dia membenarkan pertanyaan-pertanyaan soal kandidat cawapresnya.

"Masuk-masuk," kata Jokowi menjawab pertanyaan apakah TGB masuk kandidat cawapres yang ada di kantongnya. Jokowi menjawab pertanyaan di sela acara Kuliah Umum angkatan ke-2 Akademi Bela Negara NasDem, Pancoran, Jakarta, Senin (16/7/2018).

"Ya masuk, masuk," ujar Jokowi menjawab pertanyaan apakah Mahfud MD juga masuk kantong kandidat cawapres.

"Oh masuk, masuk," ujar Jokowi soal Airlangga jadi kandidat cawapresnya. Airlangga ada di samping Jokowi di acara NasDem tersebut.
(mae/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed