Ini Alasan Joseph Polisi Gadungan Nekat Pungli di JLNT Casablanca

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 16 Jul 2018 11:59 WIB
Foto: Joseph Anugerah polisi gadungan di JLNT Casablanca (istimewa)
Jakarta - Joseph Anugerah (20) ditetapkan jadi tersangka karena jadi polisi gadungan dan melakukan pungli di JLNT Casablanca. Joseph mengaku nekat jadi polisi gadungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Motif dia mencari uang untuk digunakan kebutuhan sehari-hari," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangannya, Senin (16/7/2018).

Argo menjelaskan Joseph telah melakukan aksinya sebanyak tiga kali. Modusnya adalah dengan memakai atribut Polantas dan menghentikan pengendara mobil yang keluar dari Apartemen Sahid dan langsung memotong masuk ke JLNT Casablanca.


Ini Alasan Joseph Polisi Gadungan Nekat Pungli di JLNT CasablancaJoseph saat diamankan usai melakukan pungli dengan menjadi polisi gadungan Foto: Dok. Polda Metro Jaya

"Dia langsung memberhentikan dan menanyakan surat-surat kelengkapan pengemudi tersebut dan apabila tidak bisa menunjukkan surat-surat tersebut oleh pelapor setiap mobil yang di berhentikan olehnya dimintai uang sejumlah Rp 50 ribu," jelas Argo.

Joseph saat ini telah ditetapkan tersangka dengan pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan. Joseph juga langsung ditahan.


Joseph diamankan di JLNT Casablanca, Minggu (15/7) sekitar pukul 14.45 WIB. Saat itu dia tengah melakukan pungli terhadap pengendara yang melintas di lokasi.

Saat diminta menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA), Joseph memperlihatkan KTA atas nama Tonargogo Sihombing saat berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). Kepada anggota Polantas, dia mengaku bahwa Tornagogo adalah ayahnya.

Tonton video 'Lagi Pungli di Flyover Casablanca, Polisi Gadungan Ditangkap'.

[Gambas:Video 20detik]

(knv/hri)