DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 11:25 WIB

Jadi Tersangka, Polisi Gadungan Pungli di JLNT Casablanca Ditahan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jadi Tersangka, Polisi Gadungan Pungli di JLNT Casablanca Ditahan Foto: Dok. Polda Metro Jaya
Jakarta - Penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya menetapkan Joseph Anugerah (20), polisi gadungan yang melakukan pungli di JLNT Casablanca sebagai tersangka. Joseph juga langsung ditahan.

"Ya tersangka, (pelaku) ditahan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Senin (16/7/2018).


Argo menerangkan Joseph dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan. Dia diduga mendapatkan uang pungli sebesar Rp 170 ribu pada Kamis (12/7), Rp 150 ribu pada Jumat (13/7) dan Rp 200 ribu pada Minggu (15/7).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Joseph juga diketahui membeli atribut Polri dari Pasar Senen. Sementara itu, sepatu yang dipakainya didapat dari Bandung.

"(Atribut) Lantas beli di Pasar Senen Rabu tanggal 13 Juli 2018, rompi hijau beli di Pasar Senen tahun 2017, sepatu tunggang (PDL lantas) beli di Bandung, HT merk Motorola didapat dari teman ibunya yang bekerja di PT Freeport dan pangkat brigadir Polri beli di Pasar Senen," ujar Argo.


Joseph diamankan di JLNT Casablanca, Minggu (15/7) sekitar pukul 14.45 WIB. Saat itu dia tengah melakukan pungli terhadap pengendara yang melintas di lokasi.

Saat diminta menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA), Joseph memperlihatkan KTA atas nama Tonargogo Sihombing saat berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). Kepada anggota Polantas, dia mengaku bahwa Tornagogo adalah ayahnya.
(knv/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed