DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 11:35 WIB

Jokowi: Saya Hampir Setiap Hari Bertemu Ketum Parpol Bahas Pilpres

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi: Saya Hampir Setiap Hari Bertemu Ketum Parpol Bahas Pilpres Foto: Jokowi bersama Ketum NasDem Surya Paloh (kiri). (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Menjelang pendaftaran capres/cawapres di awal Agustus, manuver-manuver politik semakin kencang dilakukan, tak terkecuali bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi mengaku sering bertemu para ketum parpol pengusung membahas Pilpres 2019.

"Saya terus bertemu dengan ketua-ketua partai, hampir setiap hari tapi banyak tertutup," ujar Jokowi di gedung akademi bela negara NasDem, Jl Pancoran Timur II, Jakarta Selatan, Senin (16/7/2018).

Jokowi akan kembali maju ke Pilpre sebagai capres. Nama-nama cawapresnya mulai beredar, salah satunya anggota dewan pengarah BPIP Mahfud MD. Seperti apa penilaian Mahfud di mata Jokowi?


"Sangat bagus. Sangat bagus," kata Jokowi.

Begitu juga dengan nama Gubenur NTB TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) yang menyatakan dukungannya kepada Jokowi. Nama Ketum Golkar Airlangga Hartarto juga diakui Jokowi masuk di kantongnya untuk digodok jadi cawapres.

"Oh masuk, masuk," ujar Jokowi. Kebetulan Airlangga ada di samping Jokowi.

Hanya saja, Jokowi belum memberi sinyal soal kapan mengumumkan nama cawapres. Ia mengaku ada banyak nama yang digodok.


"Tapi harus dimengerti ya. Kantong Saya itu nggak cuma satu. Kantong luar ada, kantongan dalam ada. Kantong celana ada kanan dan kiri. Masih ada kantongan belakang juga ada," tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi mengaku ada 5 nama yang dikerucutkan jadi cawapres. Salah satunya adalah Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Jadi saya sudah sampaikan kan bahwa nama itu sudah ada di saku saya, sudah ada di saku saya. Saya harus ngomong apa adanya, salah satu nama itu adalah Pak Muhaimin Iskandar," ujar Jokowi di kawasan Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/7).
(dkp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed