Disebut Tak Izin PD Temui PDIP, Agus Hermanto: Kunjungan Personal

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 16 Jul 2018 10:58 WIB
Hasto dan Agus Hermanto (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Agus Hermanto menjelaskan alasannya tak meminta izin DPP saat bertemu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Pertemuan itu disebut merupakan pertemuan personal.

"(Pertemuan itu) kunjungan personal," kata Agus di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Agus juga menjelaskan pertemuan tersebut juga hanya sebatas silaturahmi. Sebab, ia dan Hasto adalah kawan lama.


"Karena Pak Hasto dan saya dulu pernah sama-sama di Komisi VI lima tahun. Kita ingin bercerita berbagai hal-hal yang cerita yang lain, tentunya kita ingin bersilaturahmi karena memang kita tidak pernah bertemu, sehingga waktu itulah yang kita gunakan untuk bersilaturahmi," tuturnya.

Agus mengatakan partainya memperbolehkan kader menjalin tali silaturahmi dengan elite-elite partai politik lain selama tidak ada pengambilan keputusan terkait sikap parpol dalam pertemuan itu.

"Dari awal di Partai Demokrat itu selama kita tidak membuat suatu komitmen, kita tidak atur-mengatur hal-hal yang bukan kewenangan kita, karena kewenangan saya kan tidak bisa sampai dalam pengaturan-pengaturan yang lain," kata Agus.

"Kewenangan kami hanya secara barangkali perkawanan kemudian kita berbicara masalah yang ada di legislatif itu juga kewenangan-kewenangan," lanjut Wakil Ketua DPR tersebut.

Agus juga mengatakan, dalam pertemuan itu, ia dan Hasto juga tak secara khusus membahas Pilpres 2019. Topik yang dibicarakan hanyalah terkait masalah yang berkaitan dengan kedewanan.

"Kia tidak secara khusus membahas masalah pilpres, tidak membicarakan masalah hal-hal berkaitan dengan situasi yang hangat sekarang ini. Tentunya kita lebih banyak membicarakan hal-hal yang masalah misalnya konstruksi daripada kepengurusan di PDIP dan juga menyampaikan ke depan tentunya sinergi-sinergi dari DPR dari seluruh fraksi yang ada," terang Agus.

"Tentunya untuk memikirkan di dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara, misalnya dari PDIP juga menginginkan bagaimana di dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara presiden itu seperti yang telah lalu memiliki GBHN dan lain sebagainya, itu banyak juga kita membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kedewanan," lanjut dia.


Agus juga mengungkap ia telah menjelaskan soal pertemuannya dengan elite PDIP kepada Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"(Saya) sampaikan bahwa kunjungan memang kunjungan personal," sebut Agus.

Sebelumnya, Agus menyambangi kantor DPP PDIP pada Sabtu (14/7) lalu. Wasekjen DPP PD Rachland Nashidik mengatakan Agus tak meminta izin DPP sebelum menemui Hasto.

Sekjen PD Hinca Pandjaitan juga angkat bicara. Hinca mengatakan Agus tak diutus SBY untuk menemui Hasto.

"Ketum SBY tidak pernah memberikan instruksi dan tugas khusus kepada Bapak Agus Hermanto untuk berkomunikasi dengan DPP PDIP," tegas Hinca kepada wartawan, Sabtu (14/7). (mae/elz)