DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 10:08 WIB

Jagoan di Piala Dunia Kalah, Anies: Pelajaran Siap Terima Kekalahan

Indra Komara - detikNews
Jagoan di Piala Dunia Kalah, Anies: Pelajaran Siap Terima Kekalahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjagokan Kroasia dalam final piala dunia, tapi kalah melawan Prancis. Anies menyebut momentum itu sebagai pelajaran untuk menerima kekalahan.

"Ini pelajaran bagi semua sebetulnya. Team work yang kuat, keseriusan, dan kerja keras. Ketenangan menjadi kunci, dan mudah-mudahan next time, siap dukung yang menang dan siap terima kekalahan," kata Anies saat berada di SDN Kampung Melayu 01-02, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (16/7/2018).


Dalam piala dunia tahun ini sebenarnya Anies menjagokan juara bertahan Jerman, tetapi gugur lebih dulu di fase grup. Kemudian, Anies mengalihkan dukungan ke Belgia tetapi kandas pula. Akhirnya, Anies melabuhkan dukungan ke Kroasia yang melaju ke final, tetapi gagal menjadi kampiun.

"Secara permainan Kroasia menguasai lapangan. Main dengan baik dan sebagai underdog yang tidak pernah diperhitungkan, tidak pernah dianggap, dia telah mengejutkan konstelasi sepak bola dunia," ucap Anies.

"Ya jadi hasilnya kita lihat kemarin Prancis lebih cerdik mengambil peluang, tapi saya rasa Kroasia harus tetap diperhitungkan ke depan," imbuh Anies.

Tonton juga 'Jagokan Kroasia, Anies: Untuk Pesan Perubahan':

[Gambas:Video 20detik]


Anies mengaku nonton final piala dunia di rumahnya agar lebih dekat dengan keluarga. Dia juga sempat mengenang masa kecilnya nonton piala dunia.

"Kenapa saya di rumah? Ini kesempatan, saya merasa saya waktunya banyak di luar. Nonton piala dunia hanya 4 tahun sekali. Jadi final sengaja saya di rumah dengan anak-anak bersama-sama dan mudah-mudahan ini jadi pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka," ucap Anies.

"Seperti waktu saya kecil dulu saya nonton piala dunia, waktu itu Belanda lawan Argentina. Saya masih kelas 3 SD. Mainnya malam itu, dan pengalaman nonton bersama dengan keluarga itu tak terlupakan sampai sekarang. Mudah-mudahan jadi pengalaman buat anak-anak," imbuhnya.

Jagoan di Piala Dunia Kalah, Anies: Pelajaran Siap Terima Kekalahan

(idn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed