Disebut Sandi Bukan Cagar Budaya, Ini Bangunan di Kota Tua yang Roboh

Yuni Ayu Amida - detikNews
Minggu, 15 Jul 2018 18:24 WIB
Bangunan yang roboh. Foto: Yuni Ayu Amida/detikcom
Jakarta - Sebuah bangunan di sekitar Kota Tua Jakarta roboh sebulan lalu. Bagaimana kondisi bangunan itu saat ini?

detikcom menyambangi bangunan yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara, tersebut, pada Minggu (15/7/2018). Tampak bangunan tua itu sudah ditutup terpal sebagian.



Ada tulisan 'Gedoeng Belanda Tempo Doeloe Since 1602' di sana. Tetapi tak ada keterangan soal fungsi dari bangunan besar tersebut saat ini.

Tak tampak adanya aktivitas di kompleks bangunan tersebut. Pemprov DKI Jakarta juga menulis peringatan bahwa bangunan tersebut sedang direnovasi.

Salah seorang petugas pengamanan gedung sebelahnya yang bernama Syarifudin bercerita, bangunan tua itu tak pernah dipakai. Setidaknya sejak Syarifudin bekerja di sana dari 15 tahun lalu.

"Tadinya gedungnya memang kosong," ujar Syarifudin.



Menurut Syarifudin, gedung itu roboh saat bulan puasa lalu. Dia tak tahu apa penyebab bangunan tersebut roboh.

Sebelumnya Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno sudah dikonfirmasi soal robohnya gedung ini. Sandiaga menyebut gedung ini bukanlah cagar budaya.

Disebut Sandi Bukan Cagar Budaya, Ini Bangunan di Kota Tua yang RobohFoto: Yuni Ayu Amida/detikcom


"Itu tidak bagian dari cagar budaya, sekarang lagi diteliti. Itu bagian dari gedung di antara cagar budaya," kata Sandiaga di kantor Kecamatan Koja, Jl Mangga, Lagoa, Jakarta Utara.

Sandiaga menuturkan saat ini Pemprov DKI sedang meneliti penyebab robohnya bangunan tersebut. Dia memastikan bangunan tersebut bukan dirobohkan.

"Jadi sekarang tim ahli sedang menekuni. Kita harapkan jangan mengubah tekstur dan kontur Kota Tua ini karena ini yang sedang ingin kita revitalisasi ke depan. Tapi bukan dirobohkan," terang Sandiaga. (bag/fjp)