Begal Sadis Mencoba Lari, Kena Timah Panas dari Polisi

Reinhard Soplantila - detikNews
Minggu, 15 Jul 2018 08:45 WIB
Foto: Begal yang ditembak polisi (tengah)/Dok Istimewa
Makassar - Tim Resmob Polda Sulsel membekuk seorang begal sadis, Barumbung (18), di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dia terpaksa dilumpuhkan polisi dengan timah panas, lantaran berusaha melarikan diri.

"Pelaku melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri, saat dilakukan penunjukan TKP. Diberikan tembakan peringatan 3 kali, tetap tidak diindahkan oleh pelaku, sehingga dilakukan tindakan tegas dengan menembak kaki dan melumpuhkannya," ujar Kanit Resmob Polda Sulsel, AKP Edy Sabhra, pada Sabtu (14/7/2018) malam.

Sebelumnya, Barumbung ditangkap oleh Tim Resmob Polda Sulsel, berkat adanya informasi keberadaan pelaku, di rumah kos pacarnya, di kawasan kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Dari hasil catatan kriminal kepolisian, pelaku diketahui telah empat kali melakukan aksi begal di sejumlah wilayah di Makassar, juga aksi masing-masing satu kali melakukan pencurian sepeda motor dan pembobolan rumah bersama beberapa orang rekannya.

"Dia melakukan aksi pencurian disertai kekerasan sebanyak empat kali, satu kali curanmor dan satu kali pembobolan rumah bersama lima rekannya yang masih DPO," lanjutnya.



Selain membekuk Barumbung, polisi juga menyita sejumlah barang bukti yang diduga digunakannya saat melakukan aksi begalnya.

"Ada beberapa barang bukti kami amankan, yakni 1 unit motor, 1 lembar STNK motor, 1 buah dompet beserta identitas, dan sebilah badik yang digunakan untuk menodong korban," kata AKP Edy Sabhara. (fjp/fjp)