detikNews
Minggu 15 Juli 2018, 06:59 WIB

Beda Chris John dan Partai Demokrat Soal Transfer ke NasDem

Danu Damarjati, Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Beda Chris John dan Partai Demokrat Soal Transfer ke NasDem Foto: Chris John gabung ke NasDem (FB/Chris John)
Jakarta - Bak pemain Cristiano Ronaldo saja, petinju Chris John meramaikan 'bursa transfer' kali ini. Bedanya cuma Ronaldo pindah dari Real Madrid ke Juventus, Chris John pindah dari Partai Demokrat ke Partai NasDem.

Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon adalah yang menyamakan kepindahan juara dunia tinju kelas bulu itu dengan pesepakbola asal Portugal itu.

"Ada juga teman-teman yang menduga dia kena transfer seperti Ronaldo ke Juventus. Ini dugaan," ujar Jansen, Sabtu (14/7/2018) kemarin.


Dia menilai Chris John tidak kuat melewati tahapan-tahapan mejadi kader utama di Demokrat. Tahapanya disebut Jansen tidak mudah.

"Mungkin Chris John tidak kuat melewati tahapan-tahapan tersebut, maka dia memilih pindah," sebut Jansen.


Ada pula Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean yang mendengar isu bahwa kepindahan Chris John ke NasDem dilatarbelakangi isu pembiayaan caleg. Ada partai yang sengaja merekrut orang terkenal dan pencalegannya bakal dibiayai partai itu.

"Kami tidak tahu ini betul atau tidak, tapi isu ini marak beredar. Tujuannya agar partainya lolos parliament threshold," sebut Ferdinand.


Kemudian Chris John angkat bicara. Soal alasannya angkat kaki dari Demokrat dan berlabuh ke NasDem, Chris John punya penjelasan berbeda dari dugaan Jansen, bahwa Chris John tidak kuat melewati tahapan-tahapan menjadi kader utama Demokrat. Bukannya tidak kuat menjalani tahapan di Demokrat, tapi alasan Chris John adalah merasa kurang diperhatikan di Demokrat.

"Saya bilang saat ini mungkin PD sedang sibuk dengan urusan-urusan besarnya. Mungkin belum terlalu memperhatikan para kadernya, makanya saya izin dulu untuk keluar supaya bisa melihat partai yang mungkin lebih bisa langsung turun untuik bisa memperhatikan kader-kadernya," kata Chris John.

Dia sudah menyampaikan visi dan misinya ke NasDem, dan dia merasa tanggapan NasDem untuknya positif.


"Saya sempat sampaikan visi-misi saya untuk bisa bergabung di partai dan kayaknya kok ada tanggapan yang langsung ditanggapi dengan serius. Jadi ya sudah deh, saya coba di NasDem," kata Chris John.

Chris John punya harapan untuk menjadi anggota DPR Komisi X DPR RI, supaya bisa ikut memajukan olahraga nasional. Proses pencalegan pada Pemilu Legislatif 2019 dinyatakannya bakal dibantu oleh NasDem.


"Sudah langsung diurusin, diarahkan untuk pendaftaran caleg, dibantu tim mereka. Sudah selesai. Tinggal nanti mungkin dari atas akan dibantu untuk kira-kira yang terbaik seperti apa untuk saya maju sebagai caleg. Saya diajukan untuk DPR RI," ucapnya.


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed