ADVERTISEMENT

Susi Penuhi Syarat Cawapres, Golkar Tetap Perjuangkan Airlangga

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Sabtu, 14 Jul 2018 08:37 WIB
Foto: Ace Hasan Syadzily (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kini memenuhi syarat maju pilpres usai lulus ujian paket C setara SMA. Partai Golkar senang atas capaian Susi namun menegaskan mereka hanya akan mengusulkan Ketum Airlangga Hartarto sebagai cawapres untuk Joko Widodo.

"Golkar hanya mengusulkan Pak Airlangga, nggak ada nama lain," tegas Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Sabtu (14/7/2018).


Ace mengatakan, tanpa ijazah setara SMA pun sebenarnya Susi sangat mumpuni. Ace meminta langkah Susi mendapatkan ijazah setara SMA tak perlu dibesar-besarkan.

"Ya saya kira Ibu Susi kapasitasnya lebih dari seorang lulusan SMA ya, karena sudah mampu membangun sebuah bisnis besar dan mampu memimpin Kementerian Kelautan yang dinilai berprestasi. Saya kira soal ijazah SMA itu ya saya kira itu hanya formalitas saja dan tidak perlu kita besar-besarkan," ucap Ace.


Syarat capres dan cawapres diatur dalam UUD 1945. Setelah itu, diatur lebih tegas dalam Pasal 169 UU 7/2017.

"Berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah atas, madrasah aliyah, sekolah menengah kejuruan, madrasah aliyah kejuruan, atau sekolah lain yang sederajat," demikian bunyi Pasal 169 huruf r.


Berdasarkan website KKP yang dikutip detikcom, Selasa (10/7/2018), pendidikan Susi adalah SMAN 1 Yogyakarta. Namun ia disebutkan 'Not Graduated' (tidak lulus, red).

Kini, Susi sudah mendapatkan ijazah paket C jurusan IPS. Susi mendaftar di PKBM Bina Pandu Mandiri pada 2015 dan ikut ujian pada 11-13 Mei 2018. (gbr/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT