DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 17:09 WIB

Dengan Air Putih, Dukun Perempuan Ini Antar Orang Duduk di DPR

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Dengan Air Putih, Dukun Perempuan Ini Antar Orang Duduk di DPR Foto: Jalan menuju lokasi rumah dukun pemilu (topik/detikcom)
Maros - Sepintas, perempuan yang dikenal dukun, Daeng Manno tidak tampak seperti paranormal. Tapi siapa nyana, wanita berjilbab itu dikenal memiliki kekuatan khusus dari dunia lain yang bisa mengantar orang duduk di legislatif.

"Dia datang sampaikan niatnya ke saya dan nanti saya akan berikan segelas air putih untuk diminum dan dibawa pulang," kata Daeng Manno saat berbincang dengan detikcom di Makassar, Sulsel, Kamis (12/7/2018).

Daeng Manno menceritakan ritual yang dijalankannya saat menerima pelanggan. Dikatakannya, para tamu yang datang kepadanya tidak perlu melakukan ritual khusus.

"Ada yang biasanya minta dibawakan ayam atau kambing. Saya tidak minta apa-apa. Mereka biasanya datang bawa oleh-oleh saja seperti makanan dan lainnya," terangnya.

Air putih itu adalah air putih yang tidak dimasak. Hal ini dikarenakan api yang memasak air itu akan mengambil berkah yang terkandung di dalamnya.

"Jadi saya kasi air kemasan. Itu kan tidak dimasak. Air putih ini saya berikan doa agar urusan yang diminta mereka lancar," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Daeng Manno mengaku punya 'bala bantuan' yang ada di sekitarnya. Bala bantuan ini yang nantinya membantu segala urusan para caleg itu seperti saat bertemu orang dan membentengi saat adanya serangan magis dari lawan politik.

Daeng Manno tidak manampik, bahwa setelah air putih pemberiannya diberikan. Para tamunya kerap memberikan amplop sebagai tanda terima kasih.

"Tidak usah saya sebutkan isinya. Itu terserah mereka. Yang penting mereka ingat saya," pungkas Daeng.



(fiq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed