DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 08:43 WIB

Golkar Terus Promosikan Airlangga Cawapres Jokowi, Ini Alasannya

Yulida Medistiara - detikNews
Golkar Terus Promosikan Airlangga Cawapres Jokowi, Ini Alasannya Wakil Ketua Baleg DPR, Firman Soebagyo (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Partai Golkar terus mempromosikan Ketumnya Airlangga Hartarto menjadi cawapres Joko Widodo. Alasannya Airlangga dinilai berpengalaman bekerja di tingkat legislatif maupun eksekutif.

"Figur AH adalah juga dianggap mumpuni karena berbagai pengalamannya baik sebagai praktisi diperushaan yang dia kelola dan pengalaman politik sebagai anggota DPR RI yang sudah 3 periode dan sekarang sebagai Menteri Perindustrian," kata anggota Komisi II Fraksi Partai Golkar Firman Soebagyo, dalam keterangannya, Kamis (12/7/2018).


Selain itu, partainya memiliki banyak kursi di DPR sehingga Golkar percaya diri bisa menjadi cawapres Jokowi. Ia mengatakan partainya juga terang-terangan mendukung Jokowi 2 periode sejak Munaslub Bali lalu.

"Adapun alasan Partai Golkar berani mencalonkan Ketumnya untuk menjadi calon wakil Presiden karena didasari argumentasi yang rasional karena Partai Golkar adalah partai pemenang pemilu nomor 2 dan mempunyai kursi terbanyak di DPR RI," imbuhnya.


Seperti diketahui, Airlangga sendiri masuk dalam bursa cawapres Jokowi. Kini usulan cawapres itu telah dikerucutkan menjadi 5 nama. Merespon hal itu Airlangga mengaku menyerahkannya pada Jokowi.

"Tentunya kita serahkan kepada Pak Presiden karena antarparpol yang paling penting adalah mekanisme. Salah satu mekanisme adalah menyerahkan pada Pak Presiden dan setelah itu tentunya ada komunikasi lanjutan," kata Airlangga di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/7/2018).


Airlangga enggan menanggapi 5 nama cawapres yang dikantongi Jokowi, termasuk sosok nonpartai. Bagi Airlangga, parpol tak mengajukan nama di luar partai.

"Kalau di luar partai kan pertimbangan dari Pak Presiden. Jadi kalau dari partai kan tidak mengajukan nama (di luar parpol)," sebut Airlangga.
(yld/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed