DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 17:55 WIB

PDIP: Cawapres Jokowi Bukan Diputuskan Megawati

Tsarina Maharani - detikNews
PDIP: Cawapres Jokowi Bukan Diputuskan Megawati Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari (Foto: Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - PDI Perjuangan menyatakan nama-nama kandidat cawapres Joko Widodo (Jokowi) bukan berasal dari kantong ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri. Jokowi disebutkan diberikan kebebasan untuk memilih cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2019.

"Bu Mega malah dikonsultasiin. Nama bukan dari Bu Mega kan. Tapi Pak Jokowi dari kantong terus Bu Mega setuju gitu. Tinggal kemudian minta dukungan dari partai lain," kata Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Eva mengatakan Mega hanya sebatas memberikan rambu-rambu bagi Jokowi dalam menentukan pilihan. Menurut dia, rambu-rambu atau syarat itu pun sangat global.


"Hanya Bu Mega memberikan rambu-rambu. Pilih yang intelektualnya cukup tinggi, mikir tentang Indonesia raya, bukan hal-hal yang sifatnya minor atau sektoral, jadi itu yang dipesankan. Jadi sangat global dan siapapun banyaklah yang bisa masuk kriteria itu," tuturnya.

Soal nama-nama pilihan Jokowi itu, Eva enggan membocorkan. Namun dia memastikan kandidat cawapres yang saat ini dikantongi Jokowi tak jauh-jauh dari yang selama ini telah beredar.

"Nggak akan jauh. Nggak mungkin berani toh kalau nggak dikenal orang, kemudian tingkat kesukaan orang nggak jelas kan nggak mungkin. Pak Jokowi kan rasional. Ini kan bukan party surprise," sebut Eva.
(tsa/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed