DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 17:52 WIB

Jokowi Terima Mushaf Alquran 17 Meter dari Pengusaha Malaysia

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Terima Mushaf Alquran 17 Meter dari Pengusaha Malaysia Jokowi Terima Mushaf Alquran 17 Meter dari Pengusaha Malaysia (Dhika/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara MTQ Internasional II, MTQ Nasional VIII Antar Pondok Pesantren, dan Kongres V Jam'iyyatul Qurra Wal Huffazh (JQH) Nahdlatul Ulama di Istana. Dalam acara ini, Jokowi menerima mushaf Alquran sepanjang 17 meter dari pengusaha Konghucu asal Malaysia, Tan Sri Lee Kim Yew.

Penyerahan dilakukan sebelum Jokowi berpidato di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018). Turut mendampingi Jokowi dalam penyerahan mushaf tersebut Menag Lukman Hakim Saifuddin, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antar-Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsuddin, Ketum PBNU Said Aqil, dan Kim Yew.

Mushaf tersebut berbentuk gulungan berwarna hijau. Satu juz Alquran ditulis dalam sulaman besar sepanjang 17 meter dengan lebar sekitar 1,5 meter.


Jokowi Terima Mushaf Alquran 17 Meter dari Pengusaha MalaysiaJokowi Terima Mushaf Alquran 17 Meter dari Pengusaha Malaysia (Dhika/detik)


"Sulaman terdiri dari 30 gulungan besar berisi 30 juz Alquran. Ini merupakan Alquran sulaman tangan terbesar di dunia dengan estetika yang sangat tinggi," kata Din.

Setelah itu, mushaf tersebut akan dikelola Kementerian Agama (Kemenag), entah akan diletakkan di Masjid Istiqlal atau di museum. Menurut Din, mushaf tersebut dikerjakan selama 3 tahun oleh para ahli.

"Sulaman dikerjakan oleh 40 orang ahli terbaik dunia di Provinsi Otonomi Khusus Muslim di China, Ninxia, selama 3 tahun," ujar Din.
(dkp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed