DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 17:34 WIB

Politikus NasDem: Cawapres Jokowi Baiknya Nonparpol

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Politikus NasDem: Cawapres Jokowi Baiknya Nonparpol Politikus Partai NasDem, Taufiqulhadi. (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Nama bakal cawapres yang ada di kantong Joko Widodo belum terungkap. Anggota Dewan Pakar Partai NasDem memandang sebaiknya Jokowi menggandeng kalangan nonpartai politik.

"Menurut saya lebih baik dari nonpartai wakilnya, itu lebih baik untuk menjaga soliditas koalisi," kata Taufiqulhadi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/7/2018).


Taufiqulhadi meminta semua partai pengusung Jokowi konsisten. Taufiqulhadi berharap para partai pengusung Jokowi juga tak memasukkan ketua umum masing-masing sebagai bakal cawapres.

"Saya berharap parpol tidak perlu memasukkan kadernya menjadi wapres. Itu lebih baik dan akan membangun sebuah situasi yang mendukung kebersamaan," tutur dia.


"Jangan ada hasrat berlebihan menempatkan kader menjadi wakil dari parpol untuk menjadi cawapres," imbuhnya.

Wasekjen PDIP Ahmad Basarah menyebutkan beberapa tokoh nonpartai dan di luar koalisi yang dipertimbangkan jadi cawapres Jokowi. Ada Gubernur NTB TGH Zainul Majid atau Tuan Guru Bajang (TGB), Mahfud MD, Moeldoko, hingga Din Syamsuddin.


"Kalau TGB pilihan Pak Jokowi, kita akan mendukungnya," kata Taufiqulhadi soal TGB.

"Kapabilitas, menurut saya, beliau itu adalah seorang guru besar tata negara, pernah menjadi ketua MK, dekat dengan berbagai pihak, dengan kaum moderenis, dengan kaum Islam tradisional, menurut saya cukup baik," sebut Taufiqulhadi soal Mahfud MD.


(gbr/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed