Mendikbud Harap Badan Bahasa Berperan Jadi Lembaga Sertifikasi

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Rabu, 11 Jul 2018 16:05 WIB
Mendikbud Muhadjir Effendy (Vino/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan apresiasi terhadap Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Apresiasi tersebut diberikan atas upaya peningkatan mutu bahasa.

"Saya mengapresiasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yang telah berupaya membuat Pedoman Sertifikasi Ahli Bahasa, POS Layanan Ahli Bahasa, dan Kode Etik Ahli Bahasa dalam rangka peningkatan mutu penggunaan bahasa Indonesia," kata Muhadjir saat memberikan sambutan dalam acara Lokakarya Pedoman Sertifikasi Ahli Bahasa di Hotel Kartika Chandra, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (11/7/2018).

Dia menuturkan, di era sekarang, tak sedikit masyarakat Indonesia yang kurang tertib dalam berbahasa. Hal tersebut, dikatakan oleh Muhadjir, menjadi masalah tersendiri dalam komunikasi.


"Banyak masyarakat yang kurang tertib dalam berbahasa. Berkurangnya sikap positif berbahasa dan pengaruh bahasa asing menjadi masalah tersendiri dalam berkomunikasi," tuturnya.

Muhadjir juga menyayangkan adanya anggapan di masyarakat bahwa prinsip berbahasa 'yang penting saling mengerti'. Ia kemudian memaparkan tiga hal penting dalam berbahasa Indonesia.

"Bahkan ada yang berpendapat bahwa berkomunikasi yang terpenting adalah saling mengerti sehingga kaidah-kaidah kebahasaan menjadi terabaikan. Padahal sikap positif berbahasa mencakupi tiga hal, yaitu mencintai bahasa Indonesia, bangga berbahasa Indonesia, dan menggunakan kaidah-kaidah bahasa Indonesia secara benar," paparnya.


Untuk itu, ia berharap agar ke depan Badan Bahasa dapat menjadi sebuah lembaga sertifikasi bagi para ahli bahasa. Ia juga berharap para ahli bahasa yang tesertifikasi dapat meningkatkan dan menjaga mutu penggunaan bahasa Indonesia.

"Saya berharap ke depannya Badan Bahasa juga dapat menjadi sebuah lembaga sertifikasi, khususnya untuk para ahli bahasa. Semoga dengan hadirnya para ahli bahasa yang tesertifikasi, mutu penggunaan bahasa Indonesia kian terjaga dan pada akhirnya akan meningkatkan martabat bahasa Indonesia," tutupnya. (yas/dnu)