DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 11:30 WIB

PDIP: BG-Moeldoko-Mahfud MD Cawapres Jokowi di Luar Koalisi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PDIP: BG-Moeldoko-Mahfud MD Cawapres Jokowi di Luar Koalisi Wasekjen PDIP Ahmad Basarah (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Bursa calon wakil presiden (cawapres) bagiJoko Widodo (Jokowi) melimpah. PDIP bahkan menyebut ada 3 sumber yang bisa menjadi pertimbangan cawapres untuk Jokowi.

"Ada 3 sumber cawapres Pak Jokowi, yang pertama cawapres dari internal PDIP, kedua dari parpol lain, ketiga dari luar PDIP dan dari luar koalisi parpol pengusung, artinya profesional, agamawan, militer, polisi, dan sebagainya," ucap Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Basarah pun menyebut nama-nama seperti Mahfud MD hingga Budi Gunawan yang disebut-sebut secara cawapres Jokowi, sumbernya dari luar PDIP dan koalisi. "Jadi kalau misalnya muncul nama Mahfud MD, Pak Din Syamsudin, Pak Rizal Ramli, kemudian tokoh lain seperti Pak Moeldoko, Budi Gunawan, itu adalah cawapres yang sudah sumbernya di luar PDIP dan di luar koalisi partai-partai pengusung Jokowi," imbuh Basarah.


Namun, Basarah belum mau menyebut siapa saja dari daftar nama itu yang sudah mengerucut untuk ditimbang serius sebagai cawapres Jokowi. Dia memilih mengikuti kata Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Nanti kita lihat mana yang akhirnya dipilih oleh Pak Jokowi pada waktu yang tepat. Menunggu secerah matahari yang terbit dari ufuk timur," sebut Basarah.

Basarah juga enggan menyebutkan ketum parpol mana yang masuk pertimbangan untuk dijadikan cawapres Jokowi. Menurut Basarah, ketum parpol yang pengusung Jokowi masih berpeluang jadi cawapres.

"Semua cawapres baik dari parpol maupun di luar, sepanjang belum diputuskan Pak Jokowi bersama-sama ketum parpol lainnya, masih memiliki pelung yang sama," pungkas Basarah.
(gbr/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed