DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 09:53 WIB

Uji Coba Perluasan Ganjil-Genap Belum Efektif

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Uji Coba Perluasan Ganjil-Genap Belum Efektif Infografis
Jakarta - Uji coba perluasan kawasan ganjil-genap pelat nomor di Jakarta belum efektif. Terlihat dari masih banyaknya pengemudi yang melanggar aturan tersebut pada masa uji coba ini.

"Begini, masih ada yang melanggar. Kan kita berpedoman pada kalender nasional kan, tanggal ganjil, ganjil, dan seterusnya. Tapi kalau saya lihat mayoritas sudah bagus, sudah tahu, udah mulai terpola," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto saat dihubungi, Rabu (11/7/2018).

Budiyanto menduga sebagian pengendara melanggar karena belum tahu mengenai kebijakan tersebut. Dia memastikan tak ada penilangan pada tahap sosialisasi ini.

"Ya kita nggak tahu persis, mungkin ada yang belum tahu juga. Sekarang kan masih uji coba. Kalau uji coba ini kan saya pastikan penindakan tidak ada," ujarnya.


Selain itu, menurut Budiyanto, semua masukan dan informasi yang didapatkan di lapangan akan dijadikan bahan evaluasi bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Ya, nanti kita tunggu evaluasinya. Dari Dinas Perhubungan mengundang, ya. Kalau dari leading sector-nya dari Dishub mengevaluasi ini," ujarnya.

Sistem ganjil-genap diberlakukan sejak pekan lalu, di antaranya di ruas Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, sebagian Jalan S Parman, Jalan HR Rasuna Said, Jalan RA Kartini, Jalan Metro Pondok Indah, dan Jalan Benyamin Sueb.

Perluasan uji coba ini dilakukan untuk menyambut perhelatan Asian Games. Adapun rute alternatif bagi para pengendara yang tak bisa melintas di ruas jalan tersebut, yaitu:

1. Jalan Perintis Kemerdekaan - Jalan Suprapto - Jalan Salemba Raya - Jalan Matraman - dan sekitar arah Timur.
2. Jalan Warung Jati Barat - Jalan Pejaten Raya - Jalan Pasar Minggu - Jalan Soepomo - Jalan Saharjo - dan sekitar arah Selatan.
3. Jalan RE Martadinata - Jalan Danau Sunter Barat - Jalan HBR Motik - Jalan Gunung Sahari - dan sekitar Utara.
4. Jalan RA Kartini - Jalan Ciputat Raya - dan sekitar arah Selatan.
5. Jalan Akses Tol Cikampek- Jalan Sutoyo - Jalan Dewi Sartika - dan sekitar arah Timur.
6. Jalan S Parman - Jalan Tomang Raya - Jalan Surya Pranoto atau Jalan Cideng - dan sekitar arah Utara.




(knv/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed