DetikNews
Selasa 10 Juli 2018, 19:50 WIB

Kukuh Tolak Penjualan Saham Anker Bir, Ini Kata Ketua DPRD DKI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Kukuh Tolak Penjualan Saham Anker Bir, Ini Kata Ketua DPRD DKI Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua DPRD DKI Prasetio Edi (Pras) menegaskan menolak menjual saham PT Delta Djakarta. Pras mengatakan anggota Dewan akan menolak penjualan saham perusahaan yang dinilai masih menguntungkan.

"Nggak bisa (dijual). Harus persetujuan Dewan. Karena ini menghilangkan aset loh. Ini dikasih aset dan dia secara perusahaan sehat," kata Pras kepada wartawan di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018).


Pras menuturkan keberadaan PT Delta Djakarta masih dibutuhkan. Menurutnya, banyak pendapatan yang bisa diberikan ke APBD DKI.

"Kalau kita jual, terus bir nggak ada di Jakarta? Ini Ibu Kota negara loh, turis-turis asing datang ke sini, ke metropolitan ini, dilihat loh," jelasnya.


Pras menolak alasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) yang halal. Dia meminta penjualan tersebut dikonsultasikan dengan ahli agama. Pras memilih, dibanding dijual, Anies sebaiknya menutup perusahaan itu.

"Kalau moral doang lebih hina lagi haramnya makan riba. Hinaan mana? Secara agama orang Islam lebih berat makan riba loh. Sebelum saya memutuskan, saya tanya sama pemuka agama. Perbedaan orang minum bir sama orang jual bir terus dimasukin ke bank? Oh ini lebih haram. Lebih jahat, Bos, ini kena semua. Kalau saya lebih sependapat tutup tuh bir," jelas Pras.


Sebelumnya, Anies menilai dividen yang didapat Pemprov DKI Jakarta dari kepemilikan saham di produsen Anker Bir, PT Delta Djakarta Tbk, tak terlalu menguntungkan. Menurut Anies, Jakarta lebih membutuhkan investasi di air bersih.

"Kalau dibandingkan dengan yang lain nggak (terlalu menguntungkan) lah. Jakarta itu jauh lebih membutuhkan kita berinvestasi kepada air bersih daripada 'air keras'. Itu pasti tuh," kata Anies saat ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin (9/4).
(fdu/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed