detikNews
Selasa 10 Juli 2018, 18:01 WIB

PLTGU Cilegon Jamin Tak Ada Gangguan Pasokan Listrik

M Iqbal - detikNews
PLTGU Cilegon Jamin Tak Ada Gangguan Pasokan Listrik Lokasi Pipa Gas Bocor di Perairan Banten (Foto: dok. istimewa)
Cilegon - Kebocoran pipa gas di Perairan Banten membuat suplai gas ke PLTGU Cilegon terganggu. Meski demikian, pihak PLTGU memastikan pasokan listrik tak terganggu.

Kepastian itu disampaikan lantaran PLTGU masih mendapat pasokan gas dari PT PGN Tbk, selain itu, bantuan juga datang dari PLTU Suralaya sehingga dapat pasokan cukup untuk mengaliri listrik di Banten.

"Alhamduiillah tidak ada pemadam karena ada 3 sumber yang menopang PLTGU Cilegon, PLTU Suralaya, PLTU Labuan dan IBT(inter buss transformator) jadi trafo yang merubah listrik dari tegangan 500 Kv ke 150 Kv," kata GM PLTGU Cilegon Irwan Edi Syahputra Lubis kepada wartawan, Selasa (10/7/2018).

Dalam peristiwa bocornya pipa gas, turbin gas milik PLTGU Cilegon terpaksa tidak beroperasi karena tak ada pasokan gas. Meski begitu, distribusi listrik ke masyarakat maupun industri tidak terganggu.



"Memang dari kita satu turbin mati dan dari pantauan kita dan alhamdulillah belum ada pemadaman dari UJP Cilegon," ujarnya.

Hingga saat ini, pihak PLTGU masih menunggu hasil investigasi dari tim CNOOC dan SKK Migas terkait penyebab kebocoran itu. Irwan menyatakan, saat ini tim penyelam dari CNOOC sedang melakukan penyelaman untuk memperbaiki kerusakan pada pipa.



"Memang sampai tadi malam masih diselidiki jadi penyelaman pun belum berhasil kita lakukan karena masih menunggu izin dari pihak berwenang," kata dia.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com