ADVERTISEMENT

LSI: TGB dan Mahfud MD Masuk Cawapres Ideal Jokowi dari Tokoh Agama

Zunita Amalia Putri - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 17:57 WIB
Anggota BPIP Mahfud MD (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dan anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD masuk bursa cawapres ideal Jokowi dari unsur tokoh agama. TGB dan Mahfud berada di posisi yang tidak jauh.

"Cawapres ideal Jokowi agar didukung oleh tokoh agama berpengaruh. Dari nama-nama yang disodorkan dalam survei LSI Denny JA, nama KH Ma'ruf Amin berada dalam posisi pertama sebagai cawapres ideal Jokowi, yaitu 21 persen," kata peneliti Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby, di kantor LSI, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (10/7/2018).


Adjie menyampaikan itu saat memaparkan rilis survei bertajuk 'Capres dan Cawapres Pasca Pilkada 2018'. Sedangkan di posisi kedua ada mantan Ketum Muhammadiyah Din Syamsuddin sebesar 17,2 persen.

"Gubernur NTB TGB sebesar 12,3 persen dan disusul oleh mantan Ketua MK Mahfud MD sebesar 9,5 persen," sambungnya.


Survei itu dilakukan pada 28 Juni-5 Juli 2018 terhadap 1.200 responden dengan wawancara tatap muka. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dilengkapi FGD atau focus group discussion dan analisis media serta in depth interview. Margin of error survei tersebut +/- 2,9 persen.

Survei dilakukan dengan simulasi pertanyaan 'apakah Anda setuju atau tidak definisi pemerintahan yang kuat adalah jika Presiden didukung oleh mayoritas pemuka agama yang berpengaruh?'. Hasilnya, 69,8 persen mengatakan setuju, 17,4 persen tidak setuju, dan menjawab tidak tahu 12,8 persen.

[Gambas:Video 20detik]

(idh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT