PD: Kita Tak Main Langsung Pecat TGB yang Dukung Jokowi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 17:26 WIB
Tuan Guru Bajang (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk lanjut dua periode walaupun Partai Demokrat (PD) sendiri belum mengambil sikap. PD berencana memanggil TGB terkait itu. Apakah TGB akan dipecat?

"Oh nggak. Kita nggak main-main langsung pecat, yang jelas kita akan panggil. Kita akan panggil dia karena sebetulnya ini baru dia mendukung Pak Jokowi, belum mengambil sikap untuk menjadi cawapres Jokowi," kata Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief di Paradigma Cafe, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018).


Andi mengatakan seluruh kader PD berhak mendukung siapa saja. Hal itu tidak melanggar, kecuali dukungan itu membawa nama partai yang sebetulnya PD sendiri belum bersikap mendukung atau tidak.

"Seluruh kader Demokrat sekarang boleh-boleh saja bersikap mendukung. Apalagi dia (TGB) sebagai gubernur ya boleh-boleh saja," imbuhnya.

Pernyataan TGB yang mendukung Jokowi dikatakannya 'offside' tetapi tidak bisa dihukum karena belum melanggar. Kecuali jika TGB mengatasnamakan PD untuk mendukung Jokowi. Sikap TGB itu menjadi catatan sendiri di lingkup internal Partai Demokrat.


Mengenai kemungkinan duet Jokowi-TGB, Andi mengatakan bangga jika kader Demokrat dilirik menjadi cawapres Jokowi. PD mempersilakan jika Jokowi ingin mengambil TGB.

"Ya kita belum putuskan yang jelas. Kalau Pak Jokowi mengambil TGB ya kita tidak bisa melarang karena bukan mengambil partainya, tetapi figurnya. Silakan-silakan saja," kata Andi.

(dnu/dnu)