DetikNews
Selasa 10 Juli 2018, 16:44 WIB

Menteri Yohana: Tik Tok Tidak Edukatif

Ibnu Munsir - detikNews
Menteri Yohana: Tik Tok Tidak Edukatif Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembisa (Andhika/detikcom)
Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise menyebut aplikasi Tik Tok tidak memberikan dampak positif ke anak. Tik Tok disebut malah dapat mengubah karakter anak.

"Kita sudah blokir bersama Kominfo karena laporan masuk ke kami. Saya pikir itu tidak memberikan pembelajaran yang edukatif," kata Yohana kepada wartawan di Makassar, Selasa (10/7/2018).



Yohana menambahkan, Tik Tok membuat karakter tidak baik. Menurutnya, aplikasi itu malah memberikan hal yang negatif bagi perkembangan karakter anak.

"Artinya, untuk membentuk karakter anak lebih baik. (Tik Tok) justru membuat karakter anak berubah jadi tidak terpuji," sambungnya.

Perlu diketahui, dalam sebulan terakhir, Kominfo telah melakukan pemantauan terhadap Tik Tok. Hal ini disebabkan banjirnya laporan masyarakat yang diterima oleh Kominfo terkait aplikasi asal China tersebut.



Sejak Selasa, 3 Juli lalu, Kominfo telah menerima 2.853 laporan dari masyarakat. Di antara laporan yang masuk ke Kominfo terkait Tik Tok, fenomena dan perilaku aplikasi tersebut sudah semakin ke arah negatif, dari pornografi, asusila, LGBT, pelecehan agama, fitnah, serta konten yang dinilai meresahkan masyarakat dan anak-anak.

Tim Kominfo juga telah menghubungi pengelola Tik Tok dan meminta mereka menangani konten negatif di dalam platformnya serta menyampaikan bahwa Tik Tok harus mengikuti peraturan Indonesia dan memiliki tim monitoring serta pusat monitoring yang berada di Indonesia.

"Setelah bersih dan ada jaminan untuk menjaga kebersihan kontennya, Tik Tok bisa kami buka kembali," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed