TGB Dukung Jokowi, Demokrat: Offside Tapi Belum Tentu Pelanggaran

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 16:36 WIB
Wasekjen Demokrat Andi Arief dan Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Syamsurijal. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - TGH M Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang alias TGB mendukung Joko Widodo pada priode kedua. Partai Demokrat (PD) menganggap sikap TGB itu offside lantaran PD belum mengeluarkan sikapnya.

"Kalau secara partai offside karena kita belum putuskan. Karena dia bagian dari Majelis Tinggi Partai tapi apakah offside itu bisa dihukum? Belum tentu, karena offside belum tentu pelanggaran," kata Wasekjen Demokrat Andi Arief di Paradigma Cafe, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018).


Pernyataan itu disampaikan Andi dalam diskusi bertema 'Menakar Koalisi Nasionalis Religius'. Dalam diskusi itu, selain Andi, turut hadir Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Syamsurijal.

Andi mengatakan sikap TGB mendukung Jokowi sejauh ini belum ada indikasi pelanggaran karena sejauh ini TGB mendukung Jokowi tanpa mengatasnamakan partai. Ditegaskan Andi, sejauh ini PD masih bersifat netral bisa bergabung dengan koalisi Jokowi, Prabowo maupun sendiri.

Sikap TGB itu dikatakan Andi menjadi catatan penting dalam PD sendiri. Mengenai peluang TGB menjadi cawapres Jokowi, Andi sendiri mengatakan jika PD bangga memiliki kader yang dilirik oleh Jokowi jika benar TGB menjadi cawapres.


"Secara kepartaian tentu kita belum menentukan sikap mendukung atau tidak karena kita masih pelajari. Menurut saya agak sedikit offside Pak TGB (mendukung Jokowi) tapi itu besoknya lah kenapa Pak TGB kemarin nggak diikutkan rapat takutnya ada konflik-konflik. Tapi kalau ada pilihan politik mendahului Demokrat itu jadi catatan penting dari Demokrat," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Syamsurijal membahas mengenai majunya Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi capres berduet dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Duet tersebut dikatakannya bisa menjadi kenyataan.

"Kalau tadi pertanyaan gimana Cak Imin-AHY inikan satu opsi menarik untuk kita tindak lanjuti bagaimanapun ini. Itu sangat memungkinkan dan menarik bagaimanya AHY bisa didorong," kata Cucun. (dnu/dnu)