DetikNews
Selasa 10 Juli 2018, 15:11 WIB

Luhut Ceritakan Keharmonisan Jokowi-JK

Indra Komara - detikNews
Luhut Ceritakan Keharmonisan Jokowi-JK Jokowi-JK tabur bunga di TMP Kalibata beberapa waktu lalu. (Sys Milla/Media Wapres)
Jakarta - Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan buka-bukaan soal harmonisnya hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Luhut mengatakan JK sangat loyal terhadap Jokowi.

"Presiden sama Wakil Presiden itu begitu kompak, saya saksi hidup. Presiden dan Wakil Presiden itu kompak, ya ada bedalah," kata Luhut saat memberi sambutan di Sopo Marpingkir HKBP, Pulogebang, Jakarta Timur, Selasa (10/7/2018).


"Saya tanya Presiden, saya anu nih, jadi bocorin rahasia sedikit. Saya tanya sama Pak Presiden, baru-baru ini, 'Kalau Bapak hubungannya dengan Wakil Presiden itu kan bagus, kalau saya kasih angka 1 sampai 10, Pak, angka di berapa?'," kata Luhut melanjutkan cerita.

Jokowi ketika itu, kata Luhut, memberi nilai nyaris sempurna untuk JK.

"Sembilan, Pak," kata Luhut menirukan jawaban Jokowi.


Dari jawaban itu, Luhut menerangkan bahwa hubungan Jokowi-JK sangat harmonis. Bahkan, dibeberkan Luhut, Jokowi juga selalu berkonsultasi dengan JK.

"Ya kalau sembilan, kita sama bini kita saja belum tentu 9. Jadi hubungan mereka harmonis sekali," kata Luhut.

"Pak Wapres itu loyal sekali, kalau di tingkat nasional bisa, tingkat gereja juga harus bisa. Jadi kalau itu tidak ada kekompakan, Presiden itu selalu konsultasi sama Wakil Presiden, selalu tanya, tapi beliau dia putuskan, wapres setuju, laksanakan. Sekarang di gereja pun harus begitu," sambungnya.


Pada kesempatan itu, Luhut tak hanya menekankan soal kekompakan. Dia juga mengingatkan kepada jemaat HKBP untuk mengingat perkembangan zaman.

"Kemudian gereja harus dapat membaca tanda zaman, teknologi," ucapnya.
(idn/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed