Demokrat Kini Enggan Bicara Sanksi ke TGB yang Dukung Jokowi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 12:46 WIB
TGH Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Partai Demokrat sempat mempertimbangkan sanksi untuk kadernya, TGH Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) yang mendukung Presiden Joko Widodo dua periode. Kini, mereka enggan bicara sanksi ke TGB.

"Nggaklah (sanksi), jangan dulu bicara sanksi. Kita lihat lagi, lagi...," ujar Waketum PD Syarief Hasan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Syarief menegaskan posisi TGB sebagai anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat tak berubah. Menurut Syarief, yang terpenting TGB saat ini masih kader Demokrat.

"Yang penting sekarang itu dia masih kader PD," ujar Syarief.

Syarief juga enggan menanggapi dugaan TGB melanggar etika soal dukungan ke Jokowi. "Itu domain Dewan Kehormatan," sebut Syarief.




Sebelumnya, Syarief sempat menyebut sanksi untuk TGB pasti ada. "Sanksi pasti tetap ada dan itu akan dibahas Dewan Kehormatan," kata dia, Senin (9/7/2018).

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat Agus Hermanto mengatakan sanksi untuk TGB akan diberikan karena menyangkut etika. Menurut dia, kader sebaiknya mengikuti jejak parpol.

"Memang kemarin belum dibicarakan secara tegas masalah sanksi. Biasanya dari, kalau saya melihat, kan ini juga masalah etika. Etika itu pasti akan dibicarakan dan biasanya juga akan ada sanksinya," ucap Agus. (gbr/fdn)