DetikNews
Selasa 10 Juli 2018, 09:04 WIB

Kuliah di Ciamis, Ini Biaya Hidup Mahasiswa Setiap Bulannya

Dadang Hermansyah - detikNews
Kuliah di Ciamis, Ini Biaya Hidup Mahasiswa Setiap Bulannya
FOKUS BERITA: Serba-serbi Biaya Kuliah
Ciamis - Di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terdapat beberapa perguruan tinggi yang bisa menjadi pilihan untuk menimba ilmu. Seperti Universitas Galuh Kabupaten Ciamis, yang umumnya menjadi pilihan mahasiswa berasal dari Jawa Tengah. Berapa biaya hidup di Ciamis?

Untuk biaya kos-kosan, di Ciamis ini berkisar antara Rp 400 ribu per bulan untuk yang standar, untuk yang mewah atau VIP bisa mencapai Rp 650 ribu per bulan dengan fasilitas air panas, kamar luas, dapur dan kamar mandi di dalam kamar, termasuk jaringan wifi.

"Saya bayar kos setiap bulan Rp 450 ribu, uang makan itu Rp 250 ribu setiap empar hari. Di Ciamis dengan Rp 10 ribu udah bisa makan enak di warteg, kalau makan di cafe ato di rumah makan yang udah punya nama itu sampai Rp 50 ribu untuk porsi makan sendiri," ujar Adelia Denia Ardani, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Galuh asal Kota Banjar saat ditemui Senin (9/7/2018).

Adelia mengaku biaya hidup mahasiswa di Ciamis masih tergolong murah. Setiap bulan ia hanya menyeluarkan biaya sekitar Rp 1,2 juta per bulan. Itu sudah termasuk untuk biaya mengerjakan tugas kampus, juga untuk hangout seperti nonton di bioskop.

"Kuliah semingu itu 4 hari, kalau hari libur biasanya pulang kalah tidak ada tugas, untuk biaya transportasi tidak ada karena lokasi kos dekat kampus," ungkapnya.

Adelia mengaku di Ciamis ini memiliki perpustakaan daerah yang cukup bisa membantu kuliahnya. Sehingga ia tidak memerlukan biaya tambahan membeli buku.

Sementara mahasiswa lainnya, Windi Nuraifi mahasiswa Unigal jurusan FKIP Akuntansi warga Sodong Hilir Kabupaten Tasikmalaya mengaku biaya hidup selama kuliah di Ciamis mencapai Rp 2,5 juta.

Rinciannya, biaya kosan Rp 650 ribu, biaya makan per hari Rp30 ribu dua atau tiga kali makan. Untuk nongkrong bersama teman-teman sekitar Rp70 ribu biasa di cafe atau di tempat umum seperti alun-alun Ciamis.

"Untuk biaya penunjang lainnya seperti tugas atau keperluan mendadak bisa mencapai Rp 500 ribu sampai Rp 700 ribu, setiap bulannya berbeda-beda tergantung kebutuhan," ucapnya.

Menurut Windu, gaya hidup di Ciamis masih tergolong standar karena pusat pembelanjaan dan tempar main di sekitaran kampus dan perkotaan masih tergolong sedikit.

"Yang membuat nyaman di Ciamis ini bersih, kendaraan tidak terlalu banyak, tisak macet jadi cocok untuk menimba ilmu, menunjang. Fasilifas transportasi juga baik. Banyak lokasi hotspot wifi jadi menghemat biaya internet," jelasnya.

Sementara itu, Nissa Salsabila pemilik kosan Syabiella kost menuturkan umumnya mahasiswa di Ciamis membayar kos setiap bulan tergantung kelasnya, untuk kelas biasa Rp 400ribu, dan VIP Rp 550 ribu.

"Bedanya untuk biasa WC nya di luar, yang VIP itu di dalam dan ruangan lebih luas. kalau faslitias seperti karpet, kasur, bantal, guling dan lemari itu sudah standarnya ada di setiap kosan di Ciamis," ungkapnya.

Sementara terpisah, Endin Lidinillah Dosen Unigal yang juga Ketua LPPM Unigal mengatakan mahasiswa Unigal lebih banyak dari luar daerah, perbandingannya 60:40. Umumnya kembanyakan dari Jawa Tengah, seperti Cilacap, Cimanggu, Karangpucung, Majenang hingga Brebes. Sedangkan untuk daerah terdekat seperti Tasikmalaya, Garut, Banjar dan Pangandaran.

"Untuk biaya hidup mahasiswa di Ciamis itu bisa murah atau bisa mahal, tergantung mahasiswanya. Tapi untuk saat ini masih tergolong murah bila dibandingkan dengan kota besar," ujar Endin.

Kata dia, mahasiswa bisa mengakali dengan mencari kosan murah, dekat dengan kampus dan mengurangi biaya yang kurang diperlukan. Hanya saja, gaya hidup saat ini berbeda dengan gaya hidup tahun-tahun sebelumnya. Sehingga hal itu yang membuat biaya hidup di Ciamis cukup tinggi.


(asp/asp)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Biaya Kuliah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed