DetikNews
Senin 09 Juli 2018, 17:20 WIB

Tips Hemat untuk Mahasiswa Baru di Banda Aceh: Kurangi Nongkrong

Agus Setyadi - detikNews
Tips Hemat untuk Mahasiswa Baru di Banda Aceh: Kurangi Nongkrong Foto: Instagram @myqshoppe
FOKUS BERITA: Serba-serbi Biaya Kuliah
Aceh - Kota Banda Aceh tidak memiliki tempat hiburan layaknya daerah lain di Indonesia. Satu-satunya tempat nongkrong favorit mahasiswa adalah warung kopi. Di sana tinggal pesan segelas kopi dapat menikmati Wi-Fi gratis seharian.

Di setiap sudut ibu kota Provinsi Aceh, tersedia warung kopi dari yang biasa sampai yang tergolong VIP. Setiap hari atau malam, warung-warung kopi ini selalu ramai dikunjungi mahasiswa ataupun berbagai kalangan. Khusus mahasiswa, biasanya tempat ini dijadikan lokasi untuk mengerjakan tugas kuliah atau kongko.

Harga minuman di warung-warung kopi juga bervariasi. Untuk kopi, misalnya, segelas dibanderol Rp 5.000. Namun mahasiswa yang menginginkan paket hemat boleh memesan setengah alias pancung. Harganya pun sekitar Rp 3.000. Minuman lain rata-rata di bawah Rp 10 ribu.

Meski harga minuman tergolong murah, banyak mahasiswa menghabiskan uang untuk nongkrong di warung kopi. Dalam sehari, mereka kerap berpindah dari satu warung kopi ke warung kopi lain. Di Banda Aceh memang tidak ada batasan untuk duduk di warkop setelah memesan minum. Bahkan ada sebagian yang duduk dari pagi hingga tengah malam.

"Biaya makan dan nongkrong di warkop Rp 30-60 ribu. Jumlah ini bisa lebih sedikit jika nongkrong di warkop saya kurangi. Sebaliknya, bisa lebih banyak jika nongkrong di warkop sering saya lakukan. Setiap hari saya nongkrong di warkop untuk ngopi antara 3-4 kali," kata Muhammad Fadhil, mahasiswa UIN Arraniry Banda Aceh, kepada detikcom, Senin (9/7/2018).

Rahmatunnisa, mahasiswa Universitas Syiah Kuala, mengaku mengurangi nongkrong di warung kopi untuk menghemat uang jajan. Ia paling ke warung kopi untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah bersama teman sekampus.

"Di warung kopi ada Wi-Fi. Kadang bikin tugas perlu jaringan internet. Kalau harus ke warnet mahal biayanya," kata Nisa.

Menurutnya, bagi mahasiswa baru, salah satu cara agar dapat menghemat adalah mengurangi duduk di warung kopi. "Jika tidak sering ke warkop, paling sehari cuma habis uang Rp 30-40 ribu," ungkapnya.
(asp/asp)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Biaya Kuliah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed