Ke Polda Metro, Komisi III Juga Soroti SP3 Kasus Habib Rizieq

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 09 Jul 2018 13:01 WIB
Foto: Desmond J Mahesa. (Gibran Maulana/detikcom).
Jakarta - Komisi III DPR melakukan kunjungan kerja ke Polda Metro Jaya untuk membahas pengamanan Asian Games 2018. Selain itu, Komisi III juga menanyakan kasus-kasus yang ditangani Polda seperti SP3 Habib Rizieq Syihab hingga penyiraman air keras Novel Baswedan.

"Ada karena rapat masih jalan, saya ada seleksi hakim agung. Saya harus balik ke DPR. ada beberapa pertanyaan berkaitan itu semua (soal SP3 kasus Rizieq dan teror air keras Novel)," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Mahesa di Mapolda Metro, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Desmons mengatakan semua kasus itu menjadi catatan DPR. Namun pihaknya belum mendapatkan jawaban dari Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis.

"Kami lagi bertanya, belum dijawab sama Kapolda," ujarnya.


Mengenai pengamanan Asian Games, Desmond berharap Polda Metro dapat mencegah aksi terorisme. Sebab, hal itu dapat berimbas terhadap wajah Indonesia di mata dunia.

"Hari ini kita kunjungan dalam rangka memantau persiapan Polda Metro dalam rangka Asian Games, bicara Asian Games kesiapan-kesiapan Polda dalam pengamanan, itu kan lebih detail. Ini yang hari ini kita bicarakan dengan pak Kapolda," paparnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya telah menerbitkan SP3 atas kasus chat porno tersangka Habib Rizieq dan Firza Husein. SP3 diterbitkan pada Februari 2018 lalu. Namun sampai saat ini polisi tidak mengungkap alasan SP3.

Kasus teror Novel juga kembali menjadi sorotan DPR. Sebab, kasus itu sudah berlarut-larut, namun hingga saat ini polisi belum menangkap pelakunya.

(knv/mea)