Korupsi, Bupati Tana Toraja Amping Situru Dibui 6 Tahun

Andi Saputra - detikNews
Senin, 09 Jul 2018 12:09 WIB
Gedung MA di Jalan Medan Merdeka Utara (ari/detikcom)
Tana Toraja - Mahkamah Agung (MA) menolak Peninjauan Kembali (PK) Bupati Tana Toraja 2000-2010, Johanis Amping Situru. Alhasil, ia dihukum 6 tahun penjara atas kasus korupsi dana fiktif.

Kasus bermula saat Amping menambah anggaran tak tersangka pada APBD 2003, yaitu dari Rp 382 juta menjadi Rp 932 juta. Setahun kemudian, Amping membuat anggaran Bantuan Keuangan Penghubung sebesar Rp 1,4 miliar. Anggaran-anggaran itu ternyata tidak digunakan sesuai peruntukannya. Hal itu membuat jaksa curiga dan memproses Amping ke meja hijau.

Pada 24 Januari 2011, Pengadilan Negeri (PN) Makassar menjatuhkan hukuman 1 tahun penjara ke Amping. Putusan itu dikuatkan Pengadilan Tinggi (PT) Makassar pada 21 Juli 2011.

Nah, di tingkat kasasi, hukuman Amping diperberat menjadi 6 tahun penjara. Pada 7 April 2011, MA memutuskan Amping terbukti bersalah melakukan korupsi yang dilakukan bersama-sama dan berlanjut. Amping juga diwajibkan mengembalikan uang yang dikorupsi sebesar Rp 895 juta.

Lima tahun berlalu, Amping mengajukan PK. Apa kata MA?

"Menolak permohonan PK Johanis Amping Situru," kata majelis hakim dalam putusan yang dilansir website MA, Senin (9/7/2018).

Duduk sebagai ketua majelis Syarifuddin dengan anggota Andi Samsan Nganro dan Syamsul Rakan Chaniago. Ketiganya menyatakan alasan PK telah dipertimbangkan dalam putusan sebelumnya.

"Tidak terdapat suatu kekhilafan hakim atau kekeliruan yang nyata sebagaimana didalilkan pemohon," ujar majelis. (asp/rvk)