detikNews
Minggu 08 Juli 2018, 14:54 WIB

Aa Gym Minta Tak Ada Ejekan Cebong-Kampret, Golkar: Patut Diikuti

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Aa Gym Minta Tak Ada Ejekan Cebong-Kampret, Golkar: Patut Diikuti Foto: Ace Hasan Syadzily (Foto: Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Setop 'Cebong-Kampret'
Jakarta - Ulama KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) meminta jangan ada lagi penyebutan 'kecebong' maupun 'kampret' antar pendukung politik. Golkar menyambut baik ajakan tersebut.

"Saya kira ajakan simpatik dari Aa Gym ini patut diikuti ya. Lebih baik kita menggunakan istilah yang lebih etis dan bersahabat," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada detikcom, Minggu (8/7/2018).



Golkar saat ini merupakan pendukung Presiden Jokowi untuk Pilpres 2019. Ace pun mengutip ayat Alquran yang melarang untuk saling mencela.

"Penyebutan panggilan yang buruk dalam Alquran itu sangat ditentang. Surat Al-Hujurat:11 menyatakan, walaa talmijuu anfusakum walaa tanabajuu bil alqaab, 'janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan," tutur Ace.



Panggilan 'cebong' ataupun 'kampret', menurut Ace mengandung sikap penuh ejekan dan peyorasi. Ace meminta untuk meninggalkan istilah-istilah tersebut.

"Jangan merasa dirinya paling benar. Apalagi ketika seseorang yang berbeda pilihan politik lalu gampang sekali dicap dengan sebutan yang jelek. Politik itu wilayah ijtihadi. Orang bisa bebas menentukan pilihan politik," tutur Ace.
(bag/imk)
FOKUS BERITA: Setop 'Cebong-Kampret'
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com