DetikNews
Minggu 08 Juli 2018, 13:55 WIB

Dede Yusuf: Ada 2.500 TKA di IMIP Morowali, Pekerja Lokal 28.000

Indah Mutiara Kami - detikNews
Dede Yusuf: Ada 2.500 TKA di IMIP Morowali, Pekerja Lokal 28.000 Komisi IX DPR Cek Isu Serbuan TKA China di Morowali, Begini Faktanya (Foto: dok. Facebook Dede Yusuf)
Jakarta - Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf mengungkapkan fakta-fakta tentang tenaga kerja asing (TKA) di PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah saat dia berkunjung ke sana. Salah satunya adalah soal jumlah TKA.

"Jumlah karyawan asing ada 2.500 TKA-nya. Sementara pekerja lokal-nya mencapai 28.000 orang!!!" tulis Dede lewat Facebook, Minggu (8/7/2018).



Dengan demikian, kata Dede, jumlah TKA di PT IMIP hanya 10 persen dari total pekerja. Saat kunjungan, pejabat Imigrasi juga menunjukkan laporan bahwa para TKA memiliki ijin kerja sah.

"Kami tidak menemukan serbuan TKA, yang ada justru puluhan ribu pekerja kita yang berasal dari sekitar Sulawesi," ungkap politikus Partai Demokrat ini.

Banyaknya TKA yang berada di PT tersebut diperkirakan karena adanya pembangunan smelter pada 2014 hingga 2016 lalu. Usai smelter rampung, TKA yang tinggal di lokasi PT IMIP hanya sekitar 10 persen.



Saat dihubungi, Dede Yusuf mengaku yakin tidak ada TKA yang disembunyikan saat kunjungannya. Saat itu, rombongan turut didampingi oleh Bupati Morowali, Ketua DPRD hingga sejumlah pihak dari Kemnaker dan imigrasi.

"Kalau menurut kami begini, kalau mau diumpetin (TKA China) masa iya ada Bupati, ada Ketua DPRD, imigrasi, pihak Kemenaker. Masa iya sih semuanya berbohong? Kalau iya konspirasi besar itu," kata Dede saat dihubungi detikcom, Minggu (8/7/2018).
(imk/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed