DetikNews
Sabtu 07 Juli 2018, 19:43 WIB

Yayat Sudrajat Merapat ke Prabowo, Berkarya: Bukan Sikap Partai

Elza Astari Retaduari - detikNews
Yayat Sudrajat Merapat ke Prabowo, Berkarya: Bukan Sikap Partai Foto: Prabowo Subianto di deklarasi Purnawirawan Kopassus. (Dwi Andayani/detikcom).
Jakarta - Waketum Partai Berkarya Letjen (Purn) Yayat Sudrajat hadir di deklarasi purnawirawan Kopassus untuk Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Partai Berkarya menyatakan itu merupakan dukungan pribadi.

"Beliau datang sebagai purnawirawan jenderal Kopassus, tidak dalam posisi Partai berkarya. Jadi bukan sikap partai, tapi beliau sebagai figur mantan jenderal," ujar Sekjen Berkarya Priyo Budi Santoso saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (7/7/2018).

Menurut Priyo, mantan Sesmenko Polhukam itu telah memberi tahu sebelum datang ke acara deklarasi dukungan kepada Prabowo siang tadi. Berkarya mempersilakannya, namun diminta tidak membawa nama partai.


"Saya diberitahu begitu dari beliau, monggo, tapi secara personal. Kita sudah wanti-wanti tidak sebagai Waketum Berkarya. Karena untuk Berkarya, sikap-sikap politik nanti pada saatnya diumumkan langsung oleh ketum," ujar Priyo.

Mantan Wakil Ketua DPR ini menegaskan, Berkarya belum mengambil sikap politik soal Pilpres 2019. Partai pimpinan Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) itu saat ini masih fokus soal pencalegan agar Berkarya bisa memenuhi syarat ambang batas parlemen.

Yayat Sudrajat Merapat ke Prabowo, Berkarya: Bukan Sikap PartaiFoto: Priyo Budi Santoso. (Yayas/detikcom).

"Hari ini konsen kami dan tagar yang kami viralkan, #2019GantiDPR, belum ikut #2019GantiPresiden. Tapi nanti kami akan bersikap pada menit-menit menentukan. Setelah kami dapat bagaimana mendiskusikan," sebutnya.

Priyo menyebut pembicaraan koalisi di Pilpres 2019 masih cair. Apalagi soal ambang batas presiden atau presidential threshold (PT), kini gugatannya masih berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK).


"Masih cair, belum tahu dan belum pasti. Kita juga belum tahu mengetahui amar konstitusi mengenai PT, itu semua kami tunggu. Bisa saja kemudian apa yang disangka 2 poros tidak menjadi seperti gitu. Partai Berkarya menunggu momentum yang baik sambil menghitung dan mengkalkulasi, dan memetakan seperti apa, baru kita akan bersikap," ujar Priyo.

Sebelumnya, Yayat Sudrajat hadir dalam acara deklarasi dukungan purnawirawan Kopassus untuk Prabowo di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (7/7). Prabowo sempat memuji Yayat yang berapi-api menyampaikan pidatonya.

"Pak Yayat tadi sambutannya berani sekali. Aku saja nggak seberani beliau karena sudah lama di politik. Politik Indonesia itu bicaranya harus santun, harus normatif, harus baik," kata Prabowo.
(elz/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed