DetikNews
Sabtu 07 Juli 2018, 15:28 WIB

Bertemu Atlet Panah, Jokowi Bagi-bagi Jaket Asian Games

Ray Jordan - detikNews
Bertemu Atlet Panah, Jokowi Bagi-bagi Jaket Asian Games Presiden Jokowi bagi-bagi jaket Asian Games (Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan atlet panahan dari berbagai komunitas dan wilayah Indonesia. Kesempatan ini dimanfaatkan Jokowi untuk membagikan beberapa jaket Asian Games kepada para atlet, termasuk yang sedang dia kenakan.

Silaturahmi antara atlet panahan dan Jokowi tersebut berlangsung di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/7/2018). Jokowi mengaku senang bisa bertemu dengan lebih dari 100 atlet panahan dari berbagai komunitas dan daerah tersebut.

"Sore ini saya sangat berbahagia bisa bertemu dengan komunitas pemanah, klub pemanah, anak-anak yang jago memanah. Saya sudah berlatih lama tapi sampai saat ini juga levelnya nggak naik-naik. Sulit ternyata, nggak gampang," kata Jokowi.





Jokowi, yang tampak mengenakan baju kaus berwarna abu-abu dibalut jaket Asian Games berwarna merah, menceritakan bagaimana dia mengikuti lomba panah di Bogor awal tahun lalu.

"Saat di Bogor Open tahun lalu, saya sebetulnya benar-benar deg-degan betul dilihat orang banyak, jangan-jangan nggak kena. Tapi alhamdulillah dikit-dikit dapat nilai," katanya.

Presiden Jokowi bagi-bagi jaket Asian GamesPresiden Jokowi bagi-bagi jaket Asian Games. (Ray Jordan/detikcom)


Jokowi kemudian merasa canggung karena hanya dia yang mengenakan jaket. Dia lantas membuka jaketnya, tapi bukan untuk disimpan, melainkan dibagikan.

"Saya pakai jaket sendiri, tapi mau saya berikan ini," kata Jokowi.

Sontak para atlet berebut unjuk tangan dan berteriak menginginkan jaket bekas pakai Jokowi tersebut. "Sebentar, saya lihat dulu," kata Jokowi sambil matanya melihat atlet yang antusias menginginkan jaket tersebut.

Akhirnya terpilihlah seorang pria yang diketahui berasal dari Papua untuk mendapatkan jaket itu. Pria bertopi itu langsung mengenakan jaket bekas pakai Jokowi tersebut.

"Terima kasih, Pak," katanya.

Tak hanya itu, rupanya masih ada tiga jaket lagi yang hendak dibagikan. Namun kali ini ukurannya M (medium). Para atlet kembali antusias.

Jokowi pun kemudian menunjuk seorang anak remaja dan seorang ibu. Anak remaja itu diketahui berasal dari Semarang, sedangkan yang satu lagi berasal dari Palembang.

"Tadi bapak-bapak sudah, anak-anak sudah, dan sekarang ibu-ibu," kata Jokowi.

Tak hanya membagikan jaket, Jokowi juga membagikan dua unit sepeda. Hadiah sepeda itu dibagikan kepada dua remaja yang berhasil menjawab tantangan dengan melafalkan Pancasila.
(jor/fai)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed