Gatot Nurmantyo Dulu Ditolak ke AS, Kini Mampir ke Trump Tower

Indah Mutiara Kami - detikNews
Jumat, 06 Jul 2018 15:13 WIB
Foto Gatot Nurmantyo di depan Trump Tower beredar.
Jakarta - Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo pernah ditolak masuk ke Amerika Serikat saat menjabat sebagai Panglima TNI. Kini, Gatot bisa ke New York dan mampir ke Trump Tower.

Gatot ditolak terbang ke Amerika Serikat pada 20 Oktober 2017 lalu. Saat itu, dia diundang untuk menghadiri Chiefs of Defence conference on country violent Extremist organizations (VEOs) yang akan dilaksanakan tanggal 23-24 Oktober 2017 di Washington DC. Acara tersebut diinisiasi oleh pemimpin tertinggi Marinir AS Jenderal Joe Dunford.



Ketika itu, Gatot sudah siap naik pesawat maskapai penerbangan Emirates, namun beberapa saat sebelum keberangkatan ada pemberitahuan dari maskapai penerbangan bahwa Panglima TNI beserta delegasi tidak boleh memasuki wilayah AS oleh US Custom and Border Protection

Penolakan Gatot ke Amerika Serikat itu jadi sorotan tak hanya di Indonesia, tapi juga media internasional. Pemerintah Amerika Serikat lalu beberapa kali memberi penjelasan namun tidak rinci dan hanya sebatas masalah protokol.

Juru Bicara US Homeland Security Department, Dave Lapan menjelaskan bahwa Kedubes AS di Jakarta sudah memberi tahu kantor Jenderal Gatot bahwa penerbangannya mungkin tertunda karena protokol keamanan AS.



Dia menolak untuk merinci protokol keamanan apa yang mengakibatkan Gatot ditolak terbang. "Kami tidak bisa merinci kasus tiap individu," ujarnya

Juru Bicara Kemlu AS, Heather Nauert juga memberi penjelasan soal Gatot dalam jumpa pers di Washington DC, Selasa (24/10/2017). Pemerintah AS saat itu menganggap masalah sudah selesai.

"Sepengetahuan saya, dan saya juga sudah diberi tahu, bahwa ini semua sudah berhasil diselesaikan. Kedubes kami telah membahas masalah ini dengan Menlu (RI) pada 23 Oktober," kata Nauert seperti dikutip dari situs Kemlu AS.

Pada Desember 2017, jabatan Panglima TNI digantikan oleh Marsekal Hadi Tjahjanto. Gatot kemudian resmi pensiun dari TNI pada April 2018.



Sembilan bulan berlalu setelah peristiwa penolakan itu, Gatot kini menginjakkan kaki di negeri Paman Sam. Gatot terbang ke New York dengan salah satu agendanya mengunjungi pesantren.

"Kamis pagi waktu New York, Alhamdulillah bisa berkesempatan mengunjungi pembangunan Pondok pesantren 'Nur Inka Nusantara Madani', pesantren pertama di Amerika Serikat. Yang dikelola Nusantara Foundation, komunitas muslim Amerika, @ShamsiAli2," cuit Gatot di akun Instagram-nya, @Nurmantyo_Gatot, yang dikutip detikcom, Jumat (6/7/2018).

Selain foto-foto yang di-posting Gatot, ada satu foto yang beredar di media sosial dan grup-grup percakapan. Foto itu menampilkan Gatot mengenakan setelan jas sedang membawa koper di depan Trump Tower. Namun tak ada keterangan soal foto itu. (imk/tor)