DetikNews
Jumat 06 Juli 2018, 11:46 WIB

Ini Pisau Besar yang Dipakai Hui Na Mutilasi Ibunya

Herianto Batubara - detikNews
Ini Pisau Besar yang Dipakai Hui Na Mutilasi Ibunya Pisau besar yang dipakai Hui Na untuk memutilasi ibu kandungnya. (dok Polda Kalbar)
Pontianak - Hui Na (43) diduga membunuh dan memutilasi ibu kandungnya, Jong Sui Jo (80). Sosok yang diduga mengalami gangguan jiwa ini memutilasi ibunya menggunakan sebilah pisau daging.

Kasus pembunuhan ini terjadi pada Kamis (5/7) di rumah korban di Jalan Tanjungpura, Gang Landak No 29, Pontianak. Polisi mendapatkan adanya laporan pembunuhan sekitar pukul 16.00 WIB.

Kabid Humas Polda Kalimantan Barat Kombes Nanang Purnomo mengatakan, saat ditemukan, kondisi korban sangat memprihatinkan. Sebagian anggota tubuhnya sudah dimutilasi pelaku.


Dari foto-foto yang diperoleh detikcom dari Kombes Nanang, Jong Sui Jo tergeletak bersimbah darah di dekat meja makan rumahnya. Ada luka menganga di bagian leher dan kedua kakinya putus.

"Kondisi tubuh, kedua kaki terpotong dan leher nyaris putus," kata Kombes Nanang saat dihubungi detikcom, Jumat (6/7/2018).

Di dekat tubuh korban, ada ember berwarna merah. Selain itu, ada sebilah pisau daging yang terletak di dekat sandal di bawah tangga. Pisau daging inilah yang diduga digunakan pelaku untuk memutilasi korban.

Ini Pisau Besar yang Dipakai Hui Na Mutilasi IbunyaHui Na, tersangka yang membunuh dan mutilasi ibu kandungnya. (dok Polda Kalbar)

"Polisi sudah mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk pisau yang digunakan untuk membunuh dan memotong korban, serta ember merah," ujar Kombes Nanang.

Dari pemeriksaan saksi bernama Nini, menantu korban, diduga pelaku mutilasi ini adalah putri kandung korban Hui Na. Polisi pun mengamankan Hui Na, yang diduga punya riwayat gangguan jiwa.


"Keterangan Nini bahwa diduga pelaku memiliki riwayat gangguan jiwa namun telah mendapatkan terapi," katanya.

Hui Na saat ini telah dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Sui Bangkong. Kapolresta Pontianak Kombes Wawan Kristyanto mengatakan dia belum bisa diperiksa karena masih diobservasi oleh dokter.

"Itu pelakunya ada gangguan kejiwaan, sekarang sudah dibawa ke rumah sakit jiwa untuk diobservasi. Dan memang sebelumnya juga sudah pernah dirawat di rumah sakit jiwa," kata Kombes Wawan kepada detikcom, Jumat (6/7).


Ketika Gangguan Jiwa Dikaitkan dengan Kekerasan, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


Ini Pisau Besar yang Dipakai Hui Na Mutilasi Ibunya

(hri/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed