DetikNews
Kamis 05 Juli 2018, 19:03 WIB

Sontek Cara Main Medsos ala Artis Milenial di Social Media One Day

Raden Fadli Sumawilaga - detikNews
Sontek Cara Main Medsos ala Artis Milenial di Social Media One Day Vice Rector III President University, Agus Canny/Foto: Raden Fadli Sumawilaga/detikcom
Jakarta - Media sosial merupakan hal yang wajib dimiliki, apalagi di era milenial seperti sekarang, tapi penggunaannya harus bijak. Country Industry Head of Twitter for Indonesia and Malaysia, Dwi Adriansah, mengungkapkan beberapa cara bijak bisa dilakukan dalam membuat konten di media sosial, salah satunya menyampaikan berita dengan sumber yang jelas.

"Saat ini banyak sekali konten berita hoax yang cukup merugikan dan kita asal posting di media sosial. Cari sumber berita tersebut dan cek kebenarannya. Lalu jangan pernah sekali pun berkata hal yang kurang pantas di media sosial, seperti di Twitter contohnya," kata Dwi di saat menjadi pembicara Social Media One Day di Ballroom Kuningan City Mall, Jakarta, Kamis (5/7/2018).


Dwi juga mengatakan, apabila terdapat posting yang dirasa cukup menyinggung dan melanggar etika di media sosial, jangan pernah ditanggapi.

"Kita jangan sama-sama memiliki pola pikir netizen. Tidak usah direspons apabila menemukan posting yang menyinggung. Cukup laporkan saja, kan ada tombol report dan nanti akan diberikan formulir pelaporannya dan langsung diverifikasi setelah dikirim ke engineer media sosial tersebut," tambahnya.

Sontek Cara Main Medsos ala Artis Milenial di Social Media One DayFoto: Raden Fadli Sumawilaga

Selain itu, aktris cantik Alika Islamadina turut menjadi pembicara pada acara tersebut. Menurutnya, apa yang di-posting di media sosial adalah 'ciri' dari pemiliknya.

"Sebagai public figure, aku pakai Instagram untuk sharing kegiatan pribadi dan untuk menginspirasi followers-ku, namun tetap menjaga privasi. Jadi apabila pernah lihat medsos isinya penuh dengan ujaran kebencian, itu ciri dari orangnya. Unfollow saja," ungkapnya sambil tertawa.



Public figure seperti Alika bahkan menyarankan agar kita pintar memilih apa dan siapa yang harus di-follow di media sosial.

"Semua kembali ke personal preferences. Aku sendiri, selain follow teman-teman, aku senang follow akun poems, fashion, makanan, dan lainnya. Intinya, dicek dulu isi posting-annya seperti apa," kata Alika.

Tak hanya Dwi dan Alika, kesadaran bermedsos ini disampaikan pula oleh aktor muda Shawn Adrian. Menurutnya, apabila ada ujaran kebencian atau komentar haters di media sosialnya, cukup hapus komentarnya dan jangan dibalas.

"Orang tidak suka sama kita pasti cari-cari kesalahan. Kalau kita balas komentar para haters, ya itu yang mereka cari. Diamkan saja atau laporkan komentarnya," jelas Shawn.

Dia juga menjelaskan agar selalu memikirkan apa pun yang akan kita posting. Baik dalam sisi manfaat terhadap orang lain dan tingkat kepentingannya posting tersebut.

Tak hanya mengenai media sosial, dalam kesempatan yang sama, pihak President University selaku penggagas acara ini juga menyampaikan harapannya untuk para generasi penerus bangsa agar bijak bermedia sosial dan tentu tak lupa sadar akan pendidikan tinggi.

"Semuanya harus menjadi leader di masa depan. Untuk menjadi leader, mereka harus bergaul dengan masyarakat internasional. Hal ini bisa didapatkan melalui pendidikan bahasa Inggris yang layak. Maka melalui President University, kita akan mendidik para mahasiswa tak hanya untuk menguasai industri tetapi juga lancar berbahasa Inggris," pungkas Vice Rector III President University, Agus Canny.

Dia mengatakan nantinya akan ada beasiswa yang dinilai dari hasil tes atau melalui indikator yang dilihat dari nilai rapor mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

"Yang memiliki nilai rata-rata 95 kita akan memberikan beasiswa penuh. Nilai 85 sampai 94, kita kasih 80 persen pembiayaan dan seterusnya. Hal ini dilakukan dengan harapan supaya semuanya bisa berkuliah," ungkapnya.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed